المحسنات اللفظية في قصة مصعب بن عمير في رواية الرجال حول الرسول لخالد محمد خالد: دراسة البلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anisatussehra, Anisatussehra (2018) المحسنات اللفظية في قصة مصعب بن عمير في رواية الرجال حول الرسول لخالد محمد خالد: دراسة البلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisatussehra_A91214109.pdf

Download (4MB)

Abstract

Khalid Muhammad Khalid dikenal sebagai penulis, pemikir dan pejuang problematika umat, karyanya yang terkenal dan banyak beredar yakni tentang keislaman yang diramu dengan indan dan gaya bahasa yang enak dibaca. Salah satunya adalah Ar-rijalu Haula Rosul yang didalamnya terdapat Muhassinaat Lafziyah, kitab ini menceritakan 60 kisah para sahabat-sahabat Rosul yang dikupas dengan pilihan kata-katanya yang mampu mengaduk perasaan, seolah pembaca hidup bersama tokoh-tokoh agung yang di ceritakan. oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengupas gaya bahasa dengan menggunakan teori Muhassinaat lafziyah dari salah satu cerita yakni, tokoh “Mushab bin Umair”. Mushab merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad yang mana kisahnya ditulis oleh Khalid Muhammad Khalid pertama kali dalam buku ini, dia adalah seorang remaja Quraisy yang terkemuka, paling tampan, penuh jiwa dan semangat muda. Sejarawan dan ahli riwayat menjelaskan masa mudanya dengan ungkapan “seorang penduduk Mekkah yang mempunyai nama paling harum”. Dari latar belakang tersebut terdapat rumusan masalah dalam yaitu: 1. Apa saja macam-macam muḥassinaat lafẓiyah yang terdapat dalam cerita sahabat Mushab bin Umair dalam kitab Ar-Rijalu haula Ar-Rosul karya Khalid Muḥammad Khalid? a. al-Jinas, b. al-Saja’, dan c. al-Iqtibas. Dengan menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, peneliti kemudian menemukan bahwa dalam cerita sahabat Mushab bin Umair dalam buku Ar-Rijalu haula Ar-Rosul karya Khalid Muḥammad Khalid, ada al-Jinas sebanyak 20 data; al-Saja’ sebanyak 36 data; dan al-Iqtibas sebanyak 5 data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anisatussehra, Anisatussehraanisahsehra92@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Sastra
Uncontrolled Keywords: Muḥassinaat lafẓiyah; ar-rijalu haula rosul; Khalid Muhammad Khalid
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Anisatussehra Anisatussehra
Date Deposited: 15 Feb 2018 04:24
Last Modified: 20 Mar 2019 05:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23344

Actions (login required)

View Item View Item