دراسة عن التفاعل التربوي بين المدرس والطلاب في تعليم اللغة العربية في الصف التاسع بمدرسة المتوسّطة كياهي هاشم تانجيليس سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fawaid, Moh. (2018) دراسة عن التفاعل التربوي بين المدرس والطلاب في تعليم اللغة العربية في الصف التاسع بمدرسة المتوسّطة كياهي هاشم تانجيليس سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Fawaid_D02213008.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari Pembelajaran Bahasa Arab pada kelas IX di SMP Kyai Hasyim Tenggilis Surabaya yang kurang baik menunjukkan bahwa pelaksanaan interaksi edukatif di dalam kelas, terutama dalam pembelajaran kurang begitu maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai permasalahan yang dialami oleh guru dan siswanya. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut guru melakukan upaya-upaya untuk memaksimalkan interaksi edukatif sehingga pembelajaran bahasa arab menjadi efektif dan efesien. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (qualitative reseacrh) yang mengambil tempat di salah satu lembaga swasta، yaitu di SMP Kyai Hasyim Tenggilis Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penearikan kesimpulan. Pemeriksaan mengenai keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Studi Interaksi Edukatif Guru dan Siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas IX SMP Kyai Hasyim Tenggilis Surabaya juga telah dilaksanakan dengan baik oleh guru. Dalam pelaksanaannya، guru di SMP Kyai Hasyim tenggilis Surabaya telah memakai beberapa macam atau pola interaksi edukatif, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Arab. Seperti dalam menerangkan tentang susunan kalimat، menerjemah bebas، mengenalkan mofrodat baru dan lain sebagainya. (2) Langkah-Langkah Interaksi Edukatif Guru dan Siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas IX SMP Kyai Hasyim Tenggilis Surabaya telah dilaksanakan dengan baik, dalam pelaksanaannya guru berpedoman pada buku ajar mengenai interaksi edukatif dan pedoman KTSP. (3) Problem penghambat dan solusinya dalam interaksi edukatif antara guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab Pada Kelas IX sebagian besar berasal dari guru dan siswanya itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fawaid, Moh.emhafawaid11@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Interaksi edukatif; guru; siswa; pembelajaran bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fawaid Moh.
Date Deposited: 15 Feb 2018 08:44
Last Modified: 15 Feb 2018 08:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23336

Actions (login required)

View Item View Item