Peran petani tambak Truno Djoyo dalam pelestarian hutan mangrove di Kelurahan Wonorejo Kecamatan Rungkut Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Reony Siti Nur (2018) Peran petani tambak Truno Djoyo dalam pelestarian hutan mangrove di Kelurahan Wonorejo Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Reony Siti Nur Jannah_I73214024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana peran Kelompok Petani Tambak Truno Djoyo dalam pelestarian hutan mangrove di KelurahanWonorejo Kecamatan Rungkut Kota Surabaya? (2) Apa tantangan yang di hadapi Kelompok Petani Tambak Truno Djoyo dalam upaya pelastarian konservasi hutan mangrove di kelurahan di KelurahanWonorejo Kecamatan Rungkut Kota Surabaya?. Tujuan peneliti adalah Untuk mengetahui peran Kelompok Petani Tambak Truno Djoyo dalam pelastarian hutan mangrove di KelurahanWonorejo Kecamatan Rungkut Kota Surabaya.Untuk mengetahui tantangan yang di hadapi oleh Kelompok PetaniTambakTruno Djoyo dalam upaya pelestarian hutan mangrove. Untuk menjawab dua persoalam diatas, maka peneliti menggunakan motodologi penelitian etnografi-kualitatif. Metode ini dipilih agar diperoleh data peneliti yang bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai peran Kelompok Petani Tambak Truno Djoyo. Data yang diperoleh kemudian disajikan secara etnografi dan dianalisis dengan menggunakan pisau analisis teori fungsional struktural Talcott Parson. Hasil temuan dari peneliti ini bahwa (1) Kelompok Petani Tambak Truno Djoyo sangat berperan penting dalam melestarikan hutan mangrove dengan upaya yang dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti membuat bibit mangrove dan penanaman bibit mangrove. selain itu Kelompok Petani Tambak Truni Djoyo diiringi oleh Komunitas Nol Sampah. (2) Bentuk tantangan yang dihadapai Kelompok Petani Tambak Truno Djoyo adalah residu sampah laut yang berada di wilayah hutan mangrove dan tingkat menifes kesadaran berorganisasi masih kurang. Dari berbagai upaya dan tantangan yang dihadapi Kelompok Petani Tambak Truno Djoyo mendapatkan apresiasi dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Reony Siti NurReonynurjannah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Sosiologi
Keywords: Petani; pelestarian hutan mangrove
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Jannah Reony Siti Nur
Date Deposited: 15 Feb 2018 04:26
Last Modified: 15 Feb 2018 04:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23326

Actions (login required)

View Item View Item