Hubungan antara penerapan skor point dengan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Jabon Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Insiaroh, Ayu Lutfiyatul (2018) Hubungan antara penerapan skor point dengan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Jabon Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Lutfiyatul Insiaroh_NIM D91214085.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana penerapan skor point di SMP Negeri 2 Jabon? (2) Bagaimana Kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Jabon? (3) Bagaimana hubungan antara penerapan skor point dengan kedisplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Jabon?
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hukuman yang seringnya menggunkan fisik untuk mendisiplinkan peserta didik yang melanggar peraturan, namun hukuman fisik dalam dunia pendidikan itu tidak diperbolehkan, oleh sebab itu ketika sekarang dibeberapa sekolah mulai diterapkan sistem pemberian point atau biasa disebut skor point, skor point merupakan pemberian point disetiap pelanggaran yang dilakukan peserta didik dan akan ada akumulasinya sehingga jika sudah mencapai batas akumulasi akan ada sanksi yang diberikan. oleh karena itu peneliti ingin mencari tau apakah ada hubungan antara penerapan skor point dengan kedisiplinan peserta didik.Data-data penelitian ini dihimpun dari SMP Negeri 2 Jabon sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif karena menggunakan dua variabel, untuk analisis datanya menggunakan korelasi Product Moment.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan “r” Product Moment, dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan sistem skor point di SMP Negeri 2 Jabon dikategorikan sangat baik . hal ini dapat dilihat dari data angket terdapat pada rentang 8-10 dengan prosentase 37 %, (2) Kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Jabon dikategorikan sangat baik. Hal ini berdasarkan analisa data terdapat pada rentangan 36-42 dengan prosentase 24%, (3) Hubungan penerapan skor point dengan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Jabon Sidoarjo dinyatakan adanya hubungan antara penerapan skor point dengan kedisplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Jabon Sidoarjo. Hal ini dengan terbuktinya diterimanya Hipotesis Kerja (Ha) dan di tolaknya (Ho) dengan nilai rxy sebesar 0,4206. r = 0.4206. koefisien determinasinya =〖 r〗^2 = 〖 0.4206〗^2 = 0.18.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Insiaroh, Ayu Lutfiyatulayulutfiyatulinsiaroh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Penyuluhan
Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Skor Point; Kedisiplinan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Insiaroh Ayu Lutfiyatul
Date Deposited: 15 Feb 2018 04:28
Last Modified: 15 Feb 2018 04:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23325

Actions (login required)

View Item View Item