Pengembangan kurikulum pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Keberbakatan: studi kasus SMA Muhammadiyah 10 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sofiyana, Rizka Arista (2018) Pengembangan kurikulum pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Keberbakatan: studi kasus SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizka Arista Sofiyana_D91214099.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat Indonesia saat ini, untuk memenuhi hal tersebut maka diperlukan suatu lembaga sebagai penyalur dan pengembangan ilmu untuk peserta didik. Dalam hal ini adalah sekolah. Di dalam sekolah terdapat rencana-renaca yang akan diberlakukan dan dilaksanakan yang disebut dengan kurikulum. Kebijakan kurikulum di Indoenesia dianggap sebagai penentu keberhasilan pendidikan, oleh karena itu di Indonesia mengalami beberapa kali pergantian kurikulum. Kurikulum bersifat fleksibel dan menyesuaikan dengan perkembangan yang ada di dalam masyarakat. Salah satunya yaitu kurikulum yang dicanangkan di sekolah keberbakatan. Aspek-aspek yang menjadi menjadi fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah keberbakatan?, (2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah keberbakatan?, (3) Bagaimana pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah keberbakatan?. Maka dari itu dalam penelitian kali ini peneliti bertujuan untuk mengetahui pengembangan kurikulum, khususnya mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah keberbakatan (SMA Muhammadiyah 10 Surabaya). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakuakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif analitik melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Muhammadiyah 10 Surabaya menggunakan dua kurilum dalam mata pelajaran pendidikan agam Islam, yaitu kurikulum 2013 dan kurikulum yang dirancang sendiri oleh sekolah. Secara administratif, SMAM X mengikuti aturan yang dicanangkan oleh dinas pendidikan, sebagaimana perlengkapan perangkat pembelajaran. Namun, dalam pelaksanaannya perencanaan yang telah direncanakan kurang sesuai dengan realita ketika berada di dalam kelas. Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah ini lebih mengedapankan penanaman nilai-nilai dan budaya masyarakat, serta pembiasaan akhlak yang baik sebagai penilain kepada siswa. Selain itu juga adanya sains tauhidi dan syahadah BTQ untuk pengambilan rapor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sofiyana, Rizka Aristaaristasofiyana@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Pengembangan kurikulum; Pendidikan Agama Islam; Sekolah Keberbakatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sofiyana Rizka Arista
Date Deposited: 15 Feb 2018 01:40
Last Modified: 14 Mar 2019 07:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23324

Actions (login required)

View Item View Item