الكلام الإنشائي الطلبي في الآيات الحوارية بسورة البقرة

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholehah, Maulidatus (2018) الكلام الإنشائي الطلبي في الآيات الحوارية بسورة البقرة. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Maulidatus Sholehah_A71214042.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah firman Allah Swt. yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Saw. dengan perantara malaikat Jibril, yang dijadikan pedoman serta petunjuk bagi umat muslim. Al-Qur’an juga merupakan mu’jizat terbesar Nabi Muhammad Saw. Kemu’jizatan al-Qur’an salah satunya terlihat dari sisi sastranya. Sehingga sebagai mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Arab maka mempelajari sastra yang terkandung dalam al-Qur’an menjadi hal yang penting. Untuk mempelajari dan mengungkap sisi-sisi sastra dan nilai estetika dalam al-Qur’an maka ilmu Balaghah menjadi ilmu alat yang tidak bisa ditinggalkan. Dan dari ketiga cabang ilmu yang dimiliki oleh ilmu balaghah, skripsi ini hanya akan membahas tentang salah satu dari ketiga cabang tersebut, yaitu ilmu ma’ani, khususnya dalam kajian kalam insya’i thalabi. Obyek yang akan dikaji dalam penelitian ini berfokus pada ayat-ayat yang mengandung uslub hiwar (Percakapan) yang terdapat di dalam surah al-Baqarah, yang bertujuan untuk menemukan macam-macam kalam insya’i berserta maknanya yang terdapat dalam ayat-ayat hiwar di dalam surah al-Baqarah. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata ataupun kalimat yang mengandung uslub hiwar (percakapan). Sedangkan untuk metode penelitian, dalam skripsi ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskripstif. Dan berdasarkan dari analisis tersebut, kalam insya’i thalabi yang terdapat dalam dalam ayat-ayat hiwar di dalam surah al-Baqarah terdiri dari 87 bentuk yang berbeda, antara lain: Amar (Perintah), yang terdiri dari 52 jumlah, 20 makna asli dan 32 makna ghairu asli, yaitu 17 makna al-Irsyad, 6 makna al-Iltimas, 3 makna al-Ibahah, 5 makna al-Do’a dan 1 makna al-Ta’jiz. Nahi (Larangan), terdiri dari 4 jumlah, 2 makna asli, dan 2 makna ghairu asli, yaitu 1 makna al-Tahdid dan 1 makna al-Irsyad. Tamanni (Harapan), terdiri dari 1 jumlah mempunyai makna ghairu asli (al-Tarajji). Nida’ (Seruan), terdiri dari 10 jumlah, 8 makna asli, dan 2 makna ghairu asli, yaitu 1 makna al-zajru dan 1 makna al-tahassur. Dan Istifham (Pertanyaan), terdiri dari 21 kalam, 8 makna asli, dan 13 makna ghairu asli, yaitu 4 makna al-Ingkar, 5 makna al-Taqrir, 2 makna al-Tahqir, 1 makna al-Ta’dzim dan 1 makna al-taubih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholehah, Maulidatussholehah1996@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Al Qur'an
Sastra
Uncontrolled Keywords: Kalam Insya'i; Hiwar; Al-Baqarah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Sholehah Maulidatus
Date Deposited: 20 Feb 2018 01:35
Last Modified: 20 Feb 2018 01:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23318

Actions (login required)

View Item View Item