Pengorganisasian ikatan pelajar Nahdlatul Ulama dalam memfasilitasi mobilisasi kesadaran masyarakat terhadap kebersihan melalui bank sampah di Desa Wotan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Mohammad (2018) Pengorganisasian ikatan pelajar Nahdlatul Ulama dalam memfasilitasi mobilisasi kesadaran masyarakat terhadap kebersihan melalui bank sampah di Desa Wotan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mohammad Hidayat_B02213036.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya pendampingan masyarakat Desa Wotan dalam mengatasi fenomena sampah yang mengganggu kelestarian lingkungan desa. permasalahan ini terjadi karena, masyarakat desa sering membuang sampah sembarangan ke hutan, dan sampai mencemari aliran irigasi persawahan. Selain itu kebijakan pemerintah desa untuk mengatasi masalah ini, adalah dengan membuat program dua tong sampah untuk seluruh rumah, tapi belum efektif. Untuk mngatasinya adalah bagaimana cara mengentaskan masalah sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan, Bagaimana cara menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dari sampah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode Participatory Action Research (PAR). Hal yang mendasari dilakukannya PAR adalah adanya ketimpangan. Langkah untuk melakukan perubahan dimulai dari membangun hubungan kemanusaian (Inkulturasi), observasi, merumuskan masalah. Perencanaan strategi tindakan, melancarkan aksi perubahan, dan langkah terakhir yaitu refleksi. Pendampingan yang dilakukan peneliti bersama masyarakat yakni membuat program bank sampah yang bertujuan untuk mengolah sampah warga sebagai langkah, mengatasi masalah sampah. Hal tersbut terkait bagaimana cara mengentaskan masalah sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dengan serangkaian kegiatan untuk mengatasi permasalahan, pemahaman serta, pengetahuan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Maka hasil yang didapatkan yaitu meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Mohammadhidayshield21@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Manusia; lingkungan hidup
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Hidayat Mohammad
Date Deposited: 15 Feb 2018 02:23
Last Modified: 15 Feb 2018 02:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23315

Actions (login required)

View Item View Item