الإيجاز وأسراره في سورة المائدة: دراسة بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidha, Atiwi Ainur (2018) الإيجاز وأسراره في سورة المائدة: دراسة بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Atiwi Ainur Rosidha_A91214110.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Allah SWT telah menurunkan Al-Qur’an dengan menggunakan bahasa Arab, dan di dalamnya terdapat lafadz-lafadz yang memiliki keindahan dalam segi makna maupun susunan kalimatnya. Dari segi sistematika penyusunan kata atau kalimat yang ada dalam Al-Qur’an, akan menemukan contoh ijaz, karena dalam Al-Qur’an tentu mengandung ijaz, sebab ijaz merupakan ungkapan untuk menyatakan maksud tanpa ada penambahan kata atau kalimat, ijaz juga memiliki arti mengumpulkan makna yang banyak dalam kata-kata yang sedikit dengan jelas dan fasih. Dalam ijaz terdapat rahasia-rahasia dibalik ungkapan yang mengandung ijaz tersebut, oleh karena itu, skripsi ini juga menjelaskan macam-macam jenis ijaz dan mencantumkan rahasia-rahasianya. Adapun macam-macam ijaz adalah Ijaz Qashr dan Ijaz Hadzf. 1) Ijaz Qashr : penyampaian maksud dengan cara menggunakan ungkapan yang pendek namun mengandung banyak makna, tanpa disertai pembuangan kata atau kalimat. 2) Ijaz Hadzf : penyampaian maksud dengan cara membuang sebagian kata atau kalimat dengan syarat ada hubungan makna yang menunjukkan adanya lafadz yang dibuang tersebut. Dalam penelitian sastra skripsi ini, dalam mengumpulkan dan mengklasifikasikan contoh-contoh ijaz qashr dan ijaz hadzf yang terdapat dalam Al-Qur’an khususnya Surat Al- Maidah, dengan pendekatan tafsir-tafsir untuk mengetahui maksud yang terkandung dalam ayat tersebut.Dan dari pengumpulan dan klasifikasi ini telah ditemukan beberapa ayat yang mengandung ijaz, baik ijaz qashr maupun ijaz hadzf, semuanya terdapat dua puluh delapan ayat yang mengandung ijaz. Apabila diklasifikasikan, maka yang mengandung ijaz qashr terbilang dengan jumlah delapan dan ijaz hadzf terbilang dengan jumlah dua puluh dua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidha, Atiwi Ainuratiwiainur22@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Sastra
Keywords: Ijaz; surah al Maaidah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Rosidha Atiwi Ainur
Date Deposited: 15 Feb 2018 05:23
Last Modified: 15 Feb 2018 05:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23311

Actions (login required)

View Item View Item