الصراع الباطني عند أمير في رواية "عداء الطائرة الورقية" لخالد حسين: دراسة أدبية نفسية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Wa Ode Sitti Novil Guru (2018) الصراع الباطني عند أمير في رواية "عداء الطائرة الورقية" لخالد حسين: دراسة أدبية نفسية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wa Ode Sitti Novil Guru Putri_A71214084.pdf

Download (9MB)

Abstract

Novel ini bercerita tentang masa lalu Amir yang merupakan seorang anak keturunan Ras Pashtun (ras terhormat di Afghanistan dan sahabat karibnya Hassan yang hanyalah anak seorang pelayan. Namun, persahabatan mereka hancur dikarenakan sifat Amir yang egois dan pengecut saat melihat Hassan di aniaya secara seksual oleh Asef musuh Amir saat di Kabul. Atas kesalahannya di masa lalunya itu, Amir mengadobsi anak Hassan yang bernama Sohrab yang terlantar di Kabul sebagai tanda maafnya kepada Hassan yang telah meninggal dunia. Novel ini berjudul “Kite Runner”, oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengkaji konflik batin yang dirasakan tokoh utama yakni Amir atas penyesalannya yang terdapat dalam novel tersebut sebagai tambahan penelitian yang sudah ada sebelumnya serta menambah pengetahuan bagi peneliti dan pembaca. Pembahasan yang terdapat dalam penelitian ini mencakup dua hal yang sangat penting untuk menjawab permasalahan yang disebutkan oleh peneliti, yaitu: 1) bagaimana karakter Amir pada novel “Kite Runner” karya Khalid Husseini?. 2) bagaimana konflik batin yang dirasakan Amir pada novel Kite Runner” karya Khalid Husseini?. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam maka penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis metode penelitian ini berupa analisis sastra. Hasil penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa karakter dalam novel tersebut adalah: 1) Amir sebagai karakter bulat dan statis. 2) sebagai tokoh yang peduli. 3) sebagai yang rendah diri. 4) sebagai tokoh yang pengecut. 5) sebagai tokoh yang optimis. 6) sebagai karakter yang egois. 7) sebagai tokoh yang licik. 8) sebagai tokoh yang sabar. Dari analisis konflik batin yang dialami tokoh Amir terlihat antara lain: 1)konflik internal, yakni takut, ragu, cemas, dan tertekan. 2) konflik eksternal, yakni konflik Amir terhadap Hassan, Baba dan Rahim Khan disebabkan oleh kesalahannya atas pengkhianatannya terhadap Hassan, dan konflik ketika Amir melawan Assef, Raymond Andrew, Omar Faisal dan Sohrab saat ia berusaha untuk menebus pengkhianatannya terhadap Hassan dengan membawa Sohrab dari Kabul dan ingin mengadopsinya dan membawanya ke Amerika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Wa Ode Sitti Novil Gurunovil.7953@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Psikologi
Sastra
Keywords: Konflik batin; Kite Runner
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Putri Wa Ode Sitti Novil Guru
Date Deposited: 15 Feb 2018 06:27
Last Modified: 15 Feb 2018 06:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23309

Actions (login required)

View Item View Item