شخصية الأشخاص الرئيسية في رواية "الأجنحة المتكسرة" لجبران خليل جبران: دراسة سيكولوجية أدبية عند سيغموند فرويد

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyida, Illiyya Fahmi (2018) شخصية الأشخاص الرئيسية في رواية "الأجنحة المتكسرة" لجبران خليل جبران: دراسة سيكولوجية أدبية عند سيغموند فرويد. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Illiyya Fahmi Rosyida_A71214065.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Novel Sayap-sayap Patah karya Kalil Gibran menarik untuk diteliti dalam skripsi ini. Terutama setelah peneliti membaca novel Sayap-sayap Patah karya Kahlil Gibran, ternyata yang dimaksud dengan Sayap-sayap Patah dalam judul tersebut berhubungan dengan tokoh “Aku” dan “Salma”. Karena itu permasalahannya adalah: Bagaimana perwatakan tokoh “Aku” dan “Salma” dalam novel “Sayap-sayap Patah” karya Kahlil Gibran menurut teori psikoanalisanya Sigmund Freud? Teori psikoanalisa Sigmund Freud menganggap bahwa, dalam diri manusia terdapat 3 komponen kepribadian yaitu Id, Ego, dan Superego. Id adalah aspek kepribadian yang “gelap” dari alam bawah sadar manusia yang berisi insting dan nafsu-nafsu yang tak kenal nilai dan agaknya berupa ”energy buta”. Dalam perkembangannya tumbuhlah Ego yang perilakunya berdasarkan atas prinsip kenyataan. Sementara Superego berkembang mengontrol dorongan-dorongan buta. Jenis penelitian ini adalah Library Research, dengan teori Psikoanalisa Sigmund freud, dan novel sayap-sayap patah karya Kahlil Gibran sebagai datanya. Adapun metode yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penyajian data berupa kata-kata dan tidak menggunakan angka, yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Perwatakan tokoh “Aku” didominasi oleh Id, Ia menginginkan salma untuk selalu bersamanya dan tanpa rasa takut ia tetap menemui salma, meski salma sudah menikah dengan orang lain. Sedangkan perwatakan tokoh “Salma” juga didominasi oleh Id, karena Ia tetap menemui kekasihnya meski sudah menikah dengan orang lain. Hingga rela berkorban demi sang kekasih, agar tidak terlukai oleh keluarga suaminya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyida, Illiyya Fahmiilyafahmi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan
Psikologi
Keywords: Perwatakan; Sayap-sayap patah; Sigmund Freud
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Rosyida Illiyya Fahmi
Date Deposited: 15 Feb 2018 01:18
Last Modified: 15 Feb 2018 01:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23306

Actions (login required)

View Item View Item