Peran pembacaan asmaul husna dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febriyani, Fitri (2018) Peran pembacaan asmaul husna dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fitri Febriyani_D71214038.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sebagai langkah awal untuk mencetak generasi Islam yang berwawasan religiusitas yakni memahami sifat-sifat Allah yang baik atau nama-nama Allah yang indah, salah satunya adalah dengan menerapkan bacaan Asmaul Husna. Karena sudah tertera di dalam Al-Qur’an dan Hadits, bahwa Allah menjanjikan kepada makhluknya yang menghafal Asmaul Husna akan dibukakan pintu surga selebar-lebarnya. Pembacaan Asmaul Husna sangat banyak sekali yang terkandung dalam peranannya. Diantaranya yakni mengenalkan dan memahamkan peserta didik mengenai Asmaul Husna, dengan begitu peserta didik akan merasa lebih dekat dengan Allah jika sering menerapkan bacaan Asmaul Husna. Akan selalu merasa bahwa segala yang kita lakukan itu diawasi oleh Allah. Seperti contoh dari salah satu sifat yang terkandung dalam Asmaul Husna.Berdasarkan latar belakang, maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti yaitu Bagaimana pelaksanaan pembacaan Asmaul Husna dalam pembelajaran fiqih, Bagaimana peran pembiasaan pembacaan Asmaul Husna dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Mengacu pada konteks penelitian di atas, tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembacaan Asmaul Husna dalam pembelajaran fiqih, Untuk mengetahui peran pembiasaan pembacaan Asmaul Husna dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif, dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu gejala tertentu. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisa data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya berdasarkan pada gejala-gejala yang tampak. Hasil penelitian ini menunjukkan ( 1 ) pelaksanaan pembacaan Asmaul Husna diterapkan dalam setiap awal pembelajaran fiqih, menggunakan metode simulasi. ( 2 ) peran pembiasaan pembacaan Asmaul Husna dalam pembelajaran fiqih yaitu sebagai penumbuh semangat dalam diri siswa, serta dapat meningkatkan sikap religiusitas pada siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febriyani, FitriFitrifebriyani79@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Asmaul Husna
Fikih
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Asmaul Husna; Pendidikan ; Fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Febriyani Fitri
Date Deposited: 15 Feb 2018 01:21
Last Modified: 15 Feb 2018 01:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23300

Actions (login required)

View Item View Item