Malu tidak akan mendatangkan sesuatu kecuali kebaikan : hadis kitab Musnad Ahmad No. Indeks 19328

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solichah, Maratus (2018) Malu tidak akan mendatangkan sesuatu kecuali kebaikan : hadis kitab Musnad Ahmad No. Indeks 19328. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Maratus Solichah_E33213104.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada setiap kehidupan makhluk hidup pasti memiliki karakter yang berbentuk emosi, salah satunya adalah malu. Malu diartikan merasa tidak senang, rendah, hina, dan lain sebagainya dikarenakan berbuat sesuatu yang kurang baik. Menurut shara’ malu merupakan sebuah akhlak yang mendorong orang bersangkutan untuk menjauhi hal-hal yang jelek dan mencegahnya dari mengabaikan hak orang yang mempunya hak. Dengan kata lain adanya sifat malu secara lahiriyah menjadikan seseorang lebih berhati-hati dalam bertindak sehingga dapat mencegah diri dari perbuatan-perbuatan buruk.
Peneliti ini menyortir hadis yang berkenaan dengan malu tidak akan mendatangkan sesuatu kecuali kebaikan yang melalui jalur periwayatan Musnad Ima>m Ah}mad ibn H{anbal dengan menggunakan metode ma’a>nil h}adi>th yang ditawarkan oleh Nurun Najwa serta implikasinya dengan konteks kekinian. Dengan pemaparan kualitas serta kehujjahan hadis akan diketahui derajat hadis malu ini dan digunakan sebagai hujjah dalam menghadapi problematika yang ada. Setelah diketahui kualitas dan kehujjahan akan dilakukan pemaknaan hadis, yang memang benar adanya bahwa hadis ini secara lahiriyah mengandung makna malu tidak akan mendatangkan sesuatu kecuali kebaikan. Adapun para ahli psikologi yang mengatakan bahwa malu itu berdampak keterbelakangan bagi seseorang yang berdampak pada hal-hal negatif. Akan tetapi malu yang dimaksudkan tersebut dampak dari trauma dan cacat mental. Malu tersebut tergolong bukan malu yang sesuai dengan syari’at Islam. Sifat malu juga memiliki batas-batas agar tidak hilang secara keseluruhan dan menjadikan dirinya tidak memiliki malu sama sekali, atau malu secara berlebihan yang menjadikan individu tersebut tidak dapat bergaul dengan ruang lingkup dalam masyarakatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solichah, Maratusicol.coly2203@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: Malu; Musnad Ahmad
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Solichah Maratus
Date Deposited: 15 Feb 2018 06:31
Last Modified: 15 Feb 2018 06:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23292

Actions (login required)

View Item View Item