Pemuda dan pengembangan pariwisata : studi peran pemuda dalam pengembangan Wisata Bukit Tinggi di Desa Daramista Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep

Mubarokah, Lailatul (2018) Pemuda dan pengembangan pariwisata : studi peran pemuda dalam pengembangan Wisata Bukit Tinggi di Desa Daramista Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lailatul Mubarokah_I03214004.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian dari lapangan tentang Peran Pemuda dalam Pengembangan Penelitian ini akan menjawab beberapa permasalahan di antaranya: 1) bagaimana peran pemuda dalam mengembangkan wisata Bukit Tinggi di Desa Daramista Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep, 2) bagaimana dampak pembangunan wisata Bukit Tinggi terhadap masyarakat sekitar di Desa Daramista Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, melalui observasi di lapangan, wawancara dengan subyek yang ditentukan, serta dokumentasi sebagai bukti/penunjang dalam penelitian tersebut. Selain itu, sebagai penunjang sumber data dari paparan praktis juga kajian puataka. Sedangkan dalam menganalisa data peneliti menggunakan teori Prestasi dari Mc Clleland untuk mengetahui sejauh mana tingkat prestasi pemuda Daramista dalam pengembangan wisata Bukit Tinggi.Adapun hasil dari penelitian ini, yaitu Bukit Tinggi merupakan wisata alam yang wisata tersebut telah dikelola secara mandiri oleh pemuda Daramista, tanpa melakukan kerjasama dengan pihak desa, dinas, ataupun investor asing. Penulis dapat menjawab rumusan masalah yang telah ditemukan di lapangan yaitu, 1) Pemuda dalam mengembangkan wisata Bukit Tinggi termasuk memiliki peran aktif karena yang memiliki ide kreatif adalah para pemudanya, sehingga tidak heran jika yang mengelola untuk mengembangkannya adalah para pemudanya pula, dapat diklasifikasin peran pemuda tersebut, meliputi: a) wirausaha, b) melestarikan budaya lokal, c) melestarikan lingkungan alam, d) melakukan pembibitan pohon jambu, e) memberikan pelayanan, dan f) menyumbangkan ide pemikiran. 2) Adapun dampak dari pembangunan Bukit Tinggi terhadap masyarakat masih tidak terlalu nampak, sebab wisata tersebut tergolong baru. Beberapa hal mengenai dampak yang ditemukan penulis, yaitu: a) mengangkat nama harum Desa Daramista, b) menyerap tenaga kerja, c) menambah pemasukan PADes setiap bulan, e) mendorong masyarakat untuk berwirausha di sekitar Bukit Tinggi.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Shonhadji, Shonhadji
Uncontrolled Keywords: Peran Pemuda; Pengembangan Wisata; Dampak Pembangunan
Subjects: Pemuda Islam
Pembangunan
Pariwisata
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Mubarokah Lailatul
Date Deposited: 15 Feb 2018 02:55
Last Modified: 15 Feb 2018 02:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23284

Actions (login required)

View Item View Item