تطبيق تعليم خط الرقعة لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل التاسع في مدرسة جبل نور المتوسطة الإسلامية كالوران تامان سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzi, Muhammad (2018) تطبيق تعليم خط الرقعة لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل التاسع في مدرسة جبل نور المتوسطة الإسلامية كالوران تامان سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fauzi_D72213061.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari Pembelajaran Kaligrafi Arab pada kelas IX di MTs Jabal Noer yang kurang baik menunjukkan bahwa pelaksanaan interaksi edukatif di dalam kelas, terutama dalam pembelajaran kurang begitu maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai permasalahan yang dialami oleh guru dan siswanya. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut guru melakukan upaya-upaya untuk memaksimalkan interaksi edukatif sehingga pembelajaran kaligrafi arab menjadi efektif dan efesien. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (qualitative reseacrh) yang mengambil tempat di salah satu lembaga swasta, yaitu di MTs Jabal Noer Geluran Taman Sidoarjo . Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penearikan kesimpulan. Pemeriksaan mengenai keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (2) perencanaan pembelajaran khat riqah dalam meningkatkan keterampilan khitabah di kelas IX MTs Jabal Noer Geluran Taman Sidoarjo juga telah dilaksanakan dengan baik oleh guru. Dalam pelaksanaannya, guru di Jabal Noer Geluran Taman Sidoarjo telah memakai beberapa macam atau pola interaksi edukatif, khususnya dalam pembelajaran Kaligrafi Arab. Seperti dalam menerangkan tentang kaedah pembuatan huruf hijaiyah, , mengenalkan baru dan lain sebagainya. (1) penerapan pembelajaran khat riqah dalam meningkatkan keterampilan khitabah di kelas IX MTs Jabal Noer Geluran Taman Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik, dalam pelaksanaannya guru berpedoman pada buku ajar mengenai proses penerapan pembelajaran yang berbasis khat riq’ah . (3) evaluasi pembelajaran khat riq’ah antara guru dan siswa dalam pembelajaran tersebut Pada Kelas IX, sebagian besar berasal dari guru dan siswanya itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzi, MuhammadMuhammadfauzi143@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keterampilan
Menulis
Uncontrolled Keywords: Aplikasi khat Riq’ah; pembelajaran khat Riq’ah; khitabah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fauzi Muhammad
Date Deposited: 15 Feb 2018 08:51
Last Modified: 15 Feb 2018 08:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23278

Actions (login required)

View Item View Item