Kehidupan sosial mantan penderita gangguan mental dan kejiwaan di Panti Griya Cinta Kasih Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nata, Erkha (2018) Kehidupan sosial mantan penderita gangguan mental dan kejiwaan di Panti Griya Cinta Kasih Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Erkha Nata_I73214030.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Fenomena yang dikaji dalam penelitian ini mengenai kehidupan sosial mantan penderita gangguan mental dan kejiwaan. Dalam penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah yaitu bagaimana kehidupan sosial mantan penderita gangguan mental dan kejiwaan di Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang, apa saja usaha-usaha yang dilakukan Panti untuk membantu mantan penderita gangguan mental dan kejiwaan agar dapat di terima di masyarakat dan bagaimana hasil usaha-usaha yang dilakukan oleh Panti untuk membantu mantan penderita gangguan mental dan kejiwaan agar dapat di terima di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan sebagai alat analisis penelitian ini adalah teori struktural fungsional Talcott Parsons.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kehidupan mantan penderita gangguan mental dan kejiwaan di Panti Griya Cinta Kasih mendapatkan kebebasan penuh untuk memutuskan bertempat tinggal di panti atau kembali pulang ke tempat asalnya. Kehidupan sosial mereka sehari-hari dinilai dari interaksi dan ekonomi. (2) Usaha-usaha yang dilakukan panti untuk membantu mantan penderita gangguan mental dan kejiwaan agar diterima di masyarakat adalah melalui pemberdayaan dalam kegiatan ekonomi, sosialisasi atau interaksi mantan penderita terhadap masyarakat (3) Hasil dari usaha-usaha yang dilakukan anti kepada mantan penderita gangguan mental dan kejiwaan, yaitu: berfungsinya kembali peran dalam diri individu sebagai masyarakat. Dibuktikannya dengan pekerjaan yang diperoleh setelah keluar dari Panti Griya Cinta Kasih. Selain itu kepercayaan masyarakat terhadap mantan penderita gangguan mental semakin bertambah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nata, Erkhaerchana@ymail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Sosiologi
Uncontrolled Keywords: Kehidupan sosial; gangguan mental dan kejiwaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nata Erkha
Date Deposited: 14 Feb 2018 09:13
Last Modified: 14 Feb 2018 09:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23274

Actions (login required)

View Item View Item