Metode cerita menurut Muhammad Quthb dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq di MAN Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hermawan, Jerry David (2018) Metode cerita menurut Muhammad Quthb dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq di MAN Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jerry David Hermawan_D01212083.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana konsep metode cerita dalam pembelajaran, bagaimana metode cerita menurut Muhammad Quthb dan bagaimana relevansi metode cerita menurut Muhammad Quthb dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN Surabaya. Pelaksanaan penelitian pada skripsi ini dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode kualitatif, sedangkan fokus penelitiannya adalah konsep metode cerita dalam pembelajaran, metode cerita menurut Muhammad Quthb dan bagaimana relevansi metode cerita menurut Muhammad Quthb dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN Surabaya. Hasil analisis tentang metode cerita menurut Muhammad Quthb dan relevansinya dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Man Surabaya setelah diadakan kajian penelitian menunjukkan bahwa Muhammad Quthb menyatakan bahwa pendidikan melalui cerita-cerita dapat membentuk orang-orang untuk berjiwa seni dan berperasaan sensitif serta dapat membuat mereka mengambil pelajaran dari berbagai peristiwa, melihat kebenaran dan terhindar dari kesesatan. Metode cerita merupakan metode pendidikan yang lengkap dan menyeluruh untuk semua jenis pendidikan, yaitu pendidikan mental, pendidikan akal dan pendidikan jasmani, dalam bahasa sekarang ini dikenal dengan istilah kognitif, afektif dan psikomotorik, yaitu melalui teladan dan nasehat yang terdapat di dalamnya. Metode cerita ini mempunyai pengaruh tersendiri bagi jiwa dan akal, dengan mengemukakan argumentasi yang logis, al-Qur’an memakai metode ini di beberapa tempat, lebih-lebih dalam cerita tentang rasul dan kaumnya. Berdasarkan dari hasil analisis kajian skripsi ini, maka dapat penulis simpulkan bahwa penerapan metode cerita di MAN Surabaya pada pembelajaran Aqidah Akhlak mempunyai fungsi edukatif yang melahirkan kehangatan perasaan dan vitalitas serta aktivitas di dalam jiwa, yang selanjutnya memotivasi manusia untuk merubah perilaku dan memperbarui tekadnya sesuai dengan tuntutan, pengarahan dan akhir kisahnya. Kedudukan strategis cerita dalam dunia pendidikan, termasuk menurut sudut pandang al-Qur'an, penceritaan al-Qur'an dan para nabi bertujuan sebagai peringatan dan pelajaran bagi seluruh umat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hermawan, Jerry Davidjerrysmstr7@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Materi
Uncontrolled Keywords: Metode cerita; Muhammad Quthb; pembelajaran Aqidah Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hermawan Jerry David
Date Deposited: 15 Feb 2018 06:35
Last Modified: 15 Feb 2018 06:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23268

Actions (login required)

View Item View Item