الرمزية في شعر زهير بن أبي سلمى (دراسة سيميوطيقية لميكائل ريفاتير)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Lilis Kholifatul (2018) الرمزية في شعر زهير بن أبي سلمى (دراسة سيميوطيقية لميكائل ريفاتير). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lilis Kholifatul Jannah_A01214015.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang simbolisme dalam syair Zuhair bin Abi Sulma. Zuhair merupakan tokoh penyair terkemuka yang termasuk salah seorang dari kelas pertama penyair Arab Jahiliyah yang paling lembut kata-katanya, paling marak kata-kata hikmahnya dan paling selektif terhadap kata yang digunakan dalam puisinya. Masalah yang diteliti dalam studi ini adalah teks-teks yang mengandung simbolisme, yang mana simbol dalam syair ini berupa kata, frasa, atau kalimat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah isi/makna dan berupaya mengungkap pesan-pesan simbolik yang terkandung di dalam puisi karya Zuhair bin Abi Sulma tersebut.
Simbolisme adalah penggunaan simbol-simbol pada karya sastra dalam bentuk penggunaan citraan (pengimajiaan) yang konkret untuk mengungkapkan perasaan atau gagasan yang abstrak. Riffaterre menekankan bahwa menurutnya ada dua langkah dalam pendekatan semiotik terhadap karya sastra, yaitu pembacaan heuristik dan pembacaan hermeneutik. Pembacaan heuristic ialah pembacaan secara leksikal sedangkan pembaacaan hermeneutika ialah pembacaan ulang atau pembacaan secara luas. Pembacaan tersebut, dapat ditemukan makna yang tersirat dari bait-bait dalam puisi Zuhair bin Abi Sulma.
Untuk mendede simbolik dalam syair Zuhair, peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) karena data primer maupun data sekundernya berupa buku-buku atau dokumen yang terkait dengan objek syairnya Zuhair dan pendekatan semiotic Michael Riffaterre.
Dengan menggunakan analisis semiotik Michael Riffaterre, penulis menemukan pembacaaan heuristik dan pembacaan hermeneutik dengan pemberian arti secara kamus 12 dan pemaknaan secara luas 19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Lilis Kholifatulliliskholifatul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Sastra
Keywords: Ar-Ramziyah; Syi’ru Zuhair bin Abi Sulma
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Jannah Lilis Kholifatul
Date Deposited: 15 Feb 2018 02:19
Last Modified: 15 Feb 2018 02:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23267

Actions (login required)

View Item View Item