Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam kurikulum 2013 revisi 2017 melalui pembiasaan shalat duha berjamaah di SMP Negeri 26 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozaq, Achmad Khoirur (2018) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam kurikulum 2013 revisi 2017 melalui pembiasaan shalat duha berjamaah di SMP Negeri 26 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Khoirur Rozaq_D91213147.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompleksitas permasalahan akhlak yang melanda remaja Indonesia. Permasalahan tersebut bisa jadi disebabkan kurangnya pemahaman tentang norma-norma yang berlaku, terutama norma agama, atau karena lingkungan yang sangat representatif, sehingga perbuatan-perbuatan yang menyimpang sebagaimana di atas sangat sulit untuk dihindarkan. Sedangkan Pendidikan Agama Islam dalam urgensinya mengemban tugas berat untuk memperbaiki akhlak manusia, dan shalat memiliki keutamaan sebagai pencegah perbuatan keji dan mungkar. Oleh karenanya, penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 26 Surabaya yang membiasakan peserta didiknya untuk melaksanakan shalat duha berjamaah sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 26 Surabaya; (2) untuk mengetahui pembiasaan shalat duha berjamaah di SMP Negeri 26 Surabaya; (3) untuk mengetahui penguatan pendidikan karakter melalui pembiasaan shalat duha berjamaah di SMP Negeri 26 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh dari hasil indept interview dengan key informant: wakil kepala sekolah, staf urusan hubungan masyarakat, staf urusan kurikulum, guru Bimbingan Konseling, guru Pendidikan Agama Islam, dan beberapa peserta didik. Selain itu, data juga diperoleh dari dokumentasi dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah: data collection, data reduction, data display, dan conclusion/verification. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 26 Surabaya dilakukan melalui tiga hal, yakni kegiatan belajar mengajar di kelas, budaya sekolah (di dalamnya kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler), dan komunitas (peran orang tua dan masyarakat); (2) pembiasaan shalat duha berjamaah dilakukan selama tiga hari, senin sampai dengan kamis, yang termasuk kegiatan intrakurikuler. Kegiatan ini berjalan sangat baik, peserta didik memiliki antusiasme yang tinggi dalam melaksanakannya; dan (3) pembiasaan shalat duha berjamaah di SMP Negeri 26 Surabaya efektif dalam memperkuat setidaknya lima karakter peserta didik, sebagaimana dalam Perpres No. 87 Tahun 2017.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozaq, Achmad Khoirurrozaq22taras@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pendidikan
Salat > Salat Dhuha
Uncontrolled Keywords: Penguatan Pendidikan Karakter; pembiasaan shalat duha berjamaah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rozaq Achmad Khoirur
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:52
Last Modified: 15 Feb 2018 03:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23256

Actions (login required)

View Item View Item