Implementasi supervisi Nabi Muhammad SAW berdasarkan teorix dan y dari Douglas McGregor dalam hadist

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzi, Dwiki Andi (2018) Implementasi supervisi Nabi Muhammad SAW berdasarkan teorix dan y dari Douglas McGregor dalam hadist. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwiki Andi Fauzi_B74214039.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada satu rumusan masalah yaitu; Bagaimanakah karakteristik implementasi supervisi Nabi Muhammad SAW berdasarkan Teori X dan Teori Y ?”. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan pendekatan penelitian literasi. Metodologi penelitian yang penulis gunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penulis menggunkan teknik analisis data dari Miles dan Hubberman yakni, reduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan. Dalam proses penelitian ini, penulis mencoba untuk mengetahui karakteristik Nabi Muahammad SAW sebagai seorang supervisor berdasarkan Teori X dan Y. Peneliti menggunakan beberapa hadist Nabi Muhammad untuk melacak perilaku Nabi sebagai seorang Supervisor. Setelah itu, Hadist tersebut penulis klasifikasikan berdasarkan kemiripannya dengan Teori X atau Y. Dari penelitian ini, banyak hadist yang mengarah pada tindakan Nabi yang bernusansa demokratis, sehingga Nabi dapat dikategorikan sebagai Supervisor dengan tipe Y. Namun, Nabi juga pernah melakukan kegiatan pengambilan keputusan secara sepihak (otoriter), yakni pada masa perjanjian damai Hudaibiyah. Pada keadaan itu perlua adanya pengambilang keputusan secara cepat, sehingga Nabi memutuskan memberikan keputusan sepihak dalam perjanjian damai tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzi, Dwiki Andidwikiandi26@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Nabi Muhammad
Hadis
Uncontrolled Keywords: Supervisi; Teori X; dan Teori Y
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Fauzi Dwiki Andi
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:47
Last Modified: 14 Feb 2018 04:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23251

Actions (login required)

View Item View Item