Makna kecantikan dalam iklan: analisis semiotika Roland Barthes iklan Citra Sakura Fair UV versi Febby Rastanty

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Moch. Chalid (2018) Makna kecantikan dalam iklan: analisis semiotika Roland Barthes iklan Citra Sakura Fair UV versi Febby Rastanty. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moch. Chalid Firdaus_B76213073.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) apa saja penanda dan petanda kecantikan dalam iklan Citra Sakura Fair (2) apa makna kecantikan yang terdapat dalam iklan Citra sakura Fair. Untuk mengungkap masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode kualitatif-interpretatif dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Peneliti menggunakan jenis penelitan interpretatif karena peneliti berusaha menafsirkan bagaimana penanda dan petanda beserta makna kecantikan yang terdapat dalam iklan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa kecantikan adalah (1) kecantikan yang memiliki kulit cerah bersinar (2) kulit sawo matang adalah jelek dan harus dirubah (3) kecantikan adalah yang memiliki kulit cerah merona yang bersinar (4) kecantikan kulit putih fair ala jepang (5) warna kulit jepang adalah kecantikan sempurna. Bertitik tolak dari penelitian ini beberapa rekomendasi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan antara lain ; (1) Bagi masyarakat, supaya lebih kritis dalam menerima pesan terutama iklan sehingga ideologi maupun budaya yang terdapat dalam iklan tidak sampai mengubah persepsi masyarakat (2) Bagi agensi periklanan, supaya lebih bijak dalam pembuatan iklan. (3) Bagi Akademis, diharapkan lebih mampu mengeksplor fenomena yang sedang menjadi budaya popular.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Moch. Chalidchalid1711@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Iklan
Komunikasi
Keywords: Makna cantik; kecantikan dalam iklan; semiotika; Citra Sakura
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Firdaus Moch. Cholid
Date Deposited: 01 Mar 2018 07:56
Last Modified: 01 Mar 2018 07:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23250

Actions (login required)

View Item View Item