Media sosial dan anak remaja: studi kehidupan sosial Facebooker anak remaja di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Janah, Efy Alfian (2018) Media sosial dan anak remaja: studi kehidupan sosial Facebooker anak remaja di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Efy Alfian Janah_I93214058.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana kehidupan sosial facebooker anak remaja dan apa faktor – faktor yang melatarbelakangi anak remaja menjadi facebooker. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk kehidupan sosial facebooker anak remaja serta mengetahui faktor - faktor yang menjadikan anak remaja menjadi facebooker di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian ini mengunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta peneliti menggunakan pendekatan Teori Tindakan Sosial - Max Weber. Hasil penelitian ini ada dua temuan; Pertama, kehidupan sosial facebooker anak remaja ketika di dunia maya saat ini mengalami penurunan karena disibukkan oleh banyaknya kegiatan Sekolah. Faktor pendorong lain yaitu ada berbagai macam media sosial yang disukai di kalangan anak remaja. Kalau pun mereka aktif dalam facebook hanya untuk mengisi waktu luangnya yang bisa diakses melalui handphone pribadinya, dari koneksi internet berupa wifi, bahkan bersinggah di warung internet. Berbagai kegiatan yang biasa dilakukan oleh anak remaja di Desa Balesono ketika aktif di dalam facebook seperti berkomunikasi dengan saudara, teman, untuk membagikan cerita tentangnya bahkan sampai ke ranah curhat, untuk mengekspresikan diri, menyampaikan nilai-nilai tertentu dari setiap hal-hal yang di bagikannya. Peran kontrol dari orang tua masih sangat di butuhkan untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Selain itu juga pendapat dari orang terdekat anak remaja yag menyebutkan bahwasannya ada sebagian anak sama saja ketika di facebook dengan sehari - harinya namun juga ada yang berbeda. Meskipun demikian anak facebooker sebagai pengguna masih bisa dikatakan aman karena tidak pernah terjadi suatu kejadian yang negatif mengenai dia di facebook. Kedua; faktor yang melatarbelakangi anak remaja menjadi seorang facebooker sangat beragam diantaranya; untuk mencari atau menyampaikan informasi, menambah pengetahuan, mencari dan mempertahankan relasi pertemanan, membuka peluang bisnis, mengikuti gaya masa kini. Selain itu terdapat pengaruh dari keluarga dan teman yang menyebabkan anak remaja menjadi seorang facebooker. Selain itu didukung dari kebiasaan (tindakan tradisi) untuk mendapatkan fasilitas dari orang tua, juga memberikan pengaruh kuat untuk anak remaja tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Janah, Efy Alfianefyalfian96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Internet
Remaja
Sosiologi
Uncontrolled Keywords: Facebook; anak remaja; kehidupan sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Janah Efy Alfian
Date Deposited: 14 Feb 2018 06:59
Last Modified: 14 Mar 2019 07:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23249

Actions (login required)

View Item View Item