الرومانتيكية في الرواية فتح الأندلس لجرجي زيدان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wachdah, Riham Lailatul (2018) الرومانتيكية في الرواية فتح الأندلس لجرجي زيدان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riham Lailatul Wachdah_A01214020.pdf

Download (12MB)

Abstract

Romantisme merupakan aliran yang menggunakan prinsip bahwa karya sastra merupakan cerminan kehidupan realistik yang menggambarkan kehidupan manusia yang berliku-liku dengan menggunakan bahasa yang indah sehingga dapat menyentuh emosi pembaca. Keindahan menjadi fokus utama dalam romantisme. George Zidan adalah seorang sastrawan dan jurnalis Arab modern dari Bairut. Ia lahir pada tahun 1861di Bairut. George Zidan meninggal pada tahun 1914. Fokus permasalahan dalam pembahasan ini adalah 1. Bagaimana bentuk-bentuk Romantisme dalam novel “Kemenangan Andalus” karya George Zidan? 2. Apa saja makna Romantisme dalam novel “Kemenangan Andalus” karya George Zidan? Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui Romantisme dari bentuk-bentuk dan maknanya yang terdapat pada novel “Kemenangan Andalus” karya George Zidan. Teori sastra yang digunakan dalam penelitian ini adalah psikologi sastra yaitu analisa terhadap karya sastra dengan menggunakan pertimbanga ilmu kejiwaan baik dari pengarang karya dan pembaca. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif. kualitatif yaitu metode yang lebih menekankan pada aspek pemahaman kualitas secara mendalam terhadap suatu masaalah dan hasilnya bukan berupa angka-angka. Sedangkan diskriptif ialah mendiskripsikan hasil-hasil penelitian secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subjek yang diteliti secara tepat. Kemudian langkah-langkah penulis dalam mengumpulkan data ialah dengan menggunakan teknik tinjauan pustaka ( library research), yaitu penulis membaca berulang-ulang hingga menemukan data-data yang berkaitan dengan masalah yang telah dirumuskan. Kemudian menganalisis data tersebut dan menghasilkan penelitin yang dikehendaki. Adapun temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Pada novel “Kemenangan Andalus” karya George Zidan ditemukan dua puluh satu data yang terdiri dari bentuk-bentuknya yaitu: a. Bentuk Fi’liyah pada data ke- 1, 2, 3, 4, 6, 7, 9, 11, 12, 13, 14, 17, 18, 19, 21. b. Bentuk Ismiyah pada data ke- 5, 10, 15, 20. c. Bentuk isim Fi’il pada data ke- 8. d. Bentuk Syibhul Jumlah data ke- 16. 2. Makna-makna Romantisme dalam novel “Kemenangan Andalus” karya George Zidan yaitu: a. Kecemasan pada data ke- 1, 6. b. Kesedihan pada data ke- 2, 3. c. Cinta dan pengorbanan pada data ke- 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19. d. Kebahagiaan pada data ke- 21 e. Gelora Cinta pada data ke- 4, 5, 20.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wachdah, Riham Lailatulrihamlaila26@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Romantisme dalam novel “Kemenangan Andalus”
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Wachdah Riham Lailatul
Date Deposited: 14 Feb 2018 07:35
Last Modified: 14 Feb 2018 07:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23247

Actions (login required)

View Item View Item