تأثير محو الأميات الكتابيةبطريقة الملاحظة نحو ترقية مهارة الكتابة للطلاب في الصف الأول بمدرسة "الكهف" المتوسطة الإسلامية المتفوقة تارك سيدووارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Barid, Bintan Nuruzzakiyah (2018) تأثير محو الأميات الكتابيةبطريقة الملاحظة نحو ترقية مهارة الكتابة للطلاب في الصف الأول بمدرسة "الكهف" المتوسطة الإسلامية المتفوقة تارك سيدووارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Bintan Nuruzzakiyah Barid_D32213022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab di SMPIT Al-Kahfi Tarik Sidoarjo masih konvensional terutama saat pembelajaran Kitabah. Guru hanya menggunakan metode tarjamah dan memberikan latihan obyektif kepada siswanya sehingga membuat pemahaman siswa masih abstrak dan pasif dalam pembelajaran Kitabah. Maka dari itu peneliti menerapkan literasi menulis dengan metode observasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa.
Peneliti membahas tentang Pengaruh literasi menulis dengan metode Observasi terhadap kemampuan menulis siswa kelas VII SMPIT Al-Kahfi Tarik Sidoarjo dengan rumusan masalah : 1) Bagaimana keterampilan menulis siswa kelas VII SMPIT Al-Kahfi Tarik Sidoarjo sebelum penerapan Literasi Menulis dengan metode Observasi 2) Bagaimana penerapan literasi menulis dengan metode Observasi pada keterampilan menulis siswa kelas VII SMPIT Al-Kahfi Tarik Sidoarjo 3) Bagaimana pengaruh penerapan literasi menulis dengan metode Observasi terhadap kemampuan menulis siswa kelas VII SMPIT Al-Kahfi Tarik Sidoarjo.
Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan penelitian eksperimen yang menggunakan kelas Eksperimen untuk mengetahui sebab dan akibat terhadap penerapan literasi menulis dengan metode observasi. subjek penelitiannya adalah kelas VII jumlah siswa ada 40 siswa. Dan instrumen penelitian yang digunakan adalah : 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi, dan 4) Tes.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan literasi menulis dengan metode Observasi dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa berdasarkan hasil dari analisis dengan menggunakan rumus T-test dengan hasil : T-hitung) -18,021) sedangkan T-tabel ( -2,021). Maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Barid, Bintan Nuruzzakiyahbintan.zakiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Literasi Menulis; Observasi; Kemampuan Menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Barid Bintan Nuruzzakiyah
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:52
Last Modified: 15 Feb 2018 03:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23245

Actions (login required)

View Item View Item