Pengaruh penerapan konsep sekolah adiwiyata terhadap kepedulian lingkungan bagi peserta didik SMP Negeri 3 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kuswantoro, Masitoh Della Zenitah (2018) Pengaruh penerapan konsep sekolah adiwiyata terhadap kepedulian lingkungan bagi peserta didik SMP Negeri 3 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Masitoh Della Zenitah K_D91214094.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana penerapan konsep sekolah adiwiyata di SMP Negeri 3 Surabaya? (2) Bagaimana bentuk kepedulian peserta didik terhadap lingkungan di SMP Negeri 3 Surabaya? (3) Adakah pengaruh penerapan konsep sekolah adiwiyata terhadap kepedulian lingkungan bagi peserta didik SMP Negeri 3 Surabaya ? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya kepedulian lingkungan anak usia dini. Dikarenakan untuk membentuk karakter sikap kepedulian lingkungan membutuhkan usaha yang keras dari para pendidik dengan melakukan pembiasaan secara berkelanjutan selama di lingkungan sekolah. Dengan adanya penghargaan adiwiyata, membuat sekolah ini sangat baik dalam memperbaiki lingkungan dan karakter peserta didik dalam mencintai dan ramah lingkungan. Dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana, peneliti menemukan bahwa ada pengaruh penerapan konsep sekolah adiwiyata terhadap kepedulian lingkungan bagi peserta didik SMP Negeri 3 Surabaya. Hal ini terbukti dari hasil interview bersama pengelola kantin serta guru penanggung jawab kegiatan adiwiyata yang berkaitan langsung dengan sikap kepedulian peserta didik, dan juga observasi yang menyatakan bahwa tidak ada kerugian dalam penerapan konsep sekolah adiwiyata. Hal ini juga disampaikan oleh seorang guru penanggung jawab adiwiyata SMP Negeri 3 Surabaya yang menyatakan bahwa lingkungan di sekolah sangat berpengaruh penting dalam tumbuh kembang sikap anak sejak usia dini. Maka melanjutkan penerapan konsep adiwiyata ini akan terus dilangsungkan dan akan terus mendapat perhatian pemerintah demi evaluasi dan peningkatan penghargaan untuk lebih baik lagi. Secara umum konsep sekolah adiwiyata ialah sekolah yang berbudaya lingkungan. Tetapi bedanya dengan sekolah yang memiliki tittle go-green ialah bahwasanya jika go-green belum tentu mendapatkan adiwiyata, tetapi jika sudah mendapatkan adiwiyata pasti didalamnya bersifat go-green atau berbudaya lingkungan. Penerapan konsep sekolaha adiwiyata ini membuat banyak kegiatan aksi lingkungan yang secara tidak langsung membuat para peserta didik terbiasa dalam bagaimana sikap menghadapi lingkungan, dengan sadar sampah, sadar energi, sadar penghijauan dan hemat air.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kuswantoro, Masitoh Della Zenitahdelyun77@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Uncontrolled Keywords: Sekolah Adiwiyata; Kepedulian Lingkungan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kuswantoro Masitoh Della Zenitah
Date Deposited: 14 Feb 2018 06:56
Last Modified: 14 Feb 2018 06:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23235

Actions (login required)

View Item View Item