Pesan moral dalam film The Raid dan The Raid 2: analisis semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pradana, Renno Andre Agung (2018) Pesan moral dalam film The Raid dan The Raid 2: analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Renno Andre Agung Pradana_B96213106.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Menciptakan ilusi gambar karena bergerak. Film saat ini menjadi hiburan disegala kalangan. Salah satu film yang booming pada tahun 2012 yakni film The Raid, yang kemudian film ini mengeluarkan lanjutannya di seri keduanya di tahun 2014 dengan nama The Raid 2 “berandal”. Film ini merupakan film yang bergenre action yang di dalamnya banyak adegan kekerasan dan pembunuhan yang di sutradarai oleh Gareth Evans. Selain berisikan kekerasan dan pembunuhan, di dalam film ini juga memiliki pesan-pesan moral. Adapun rumusan masalah dalam skrpsi ini, yaitu apa saja penanda (signifier) dan petanda (signified) pesan moral dalam film The Raid dan The Raid 2 berandal ? dan Bagaimana makna penanda (signifier) dan petanda (signified) pesan moral dalam film The Raid dan The Raid 2 berandal ?. adapun penelitian ini menggunakan pendekatan analisis semiotik dengan analisis semiotik Roland Barthes. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengamatan adegan (scene) pilihan pada film The Raid dan The Raid 2 “berandal”. Untuk mengkaji film dalam perspektif semiotik, film The Raid dan The Raid 2 “berandal” berbentuk audio visual, maka teknik pengumpulan datanya dengan cara melihat di CD film The Raid dan The Raid 2 “berandal”dan memutarnya di laptop untuk diteliti. Penelitian ini menemukan temuan-temuan sebagai berikut: yakni jangan meremehkan orang lain, jangan menyksa sesama manusia terutama kaum wanita, tindakan berbohong untuk menyelamatkan nyawa seseorang dari pembunuhan, tanggung jawab seorang ayah sebagai kepala rumah tangga, sikap beribadah orang mukmin, sikap toleransi agama yang berlebihan, saling tolong menolong kepada orang lain, perilaku dalam makan, dan kedurhakaan seorang anak kepada ayahnya. Penelitian ini meneliti decara kritis tentang pesan yang terkandung d dalam kedua film The Raid dan The Raid 2 “berandal”. Rekomendasi, dengan adanya pesan moral dalam film ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menjadi dasar dalam menggali pesan-pesan yang ada pada film apapun, bukan hanya pesan moral saja, namun juga bisa pesan-pesan yang lainnya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pradana, Renno Andre AgungRennoandre09@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Film The Raid dan The Raid 2
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pradana Reno Andre Agung
Date Deposited: 14 Feb 2018 02:58
Last Modified: 14 Feb 2018 03:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23224

Actions (login required)

View Item View Item