Kepedulian masyarakat petani dalam meningkatkan pendidikan anak di Desa Warugunung Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto dalam tinjauan Pilihan Rasional James S. Coleman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mujiati, Nanik (2018) Kepedulian masyarakat petani dalam meningkatkan pendidikan anak di Desa Warugunung Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto dalam tinjauan Pilihan Rasional James S. Coleman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nanik Mujiati_I73214023.pdf

Download (11MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pandangan petani terhadap pendidikan, dan bagaimana kepedulian petani dalam meningkatkan pendidikan tinggi anak di Desa Warugunung Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pandangan petani terhadap pendidikan, dan mengetahui wujud kepedulian yang dilakukan petani dalam meningkatkan pendidikan tinggi anak di Desa Warugunung Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena kepedulian petani di Desa Warugunung adalah teori pilihan rasional James S. Coleman.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kepedulian petani dalam meningkatkan pendidikan tinggi anak adalah berusaha pada sektor pertanian dan non pertanian. Sektor pertanian antara lain, pertama, menyewa lahan pertanian, buruh tani, dan buruh lahan. Kedua, usaha ternak dan buruh ternak. Ketiga, pemilihan jenis tanaman pertanian yang bernilai jual tinggi. Sedangkan sektor non pertanian meliputi, pertama, berdagang makanan maupun barang. Kedua, mendaftar asuransi pendidikan. Ketiga, menjadi karyawan wisata, dan keempat, menjadi buruh pabrik dan kuli bangunan. Pandangan keluarga petani terhadap pendidikan diketahui bahwa pertama, petani menganggap bahwa pendidikan itu penting untuk mencari ilmu dan pengalaman. Kedua, anak menjadi terdidik dan pintar. Ketiga, melalui pendidikan, pekerjaan yang diperoleh anak di masa depan itu terjamin. Keempat, pendidikan yang ditempuh anak harus diatas pendidikan yang ditempuh orang tua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mujiati, Naniknanikmuji2301@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Petani; Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Mujiati Nanik
Date Deposited: 14 Feb 2018 06:51
Last Modified: 14 Feb 2018 06:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23216

Actions (login required)

View Item View Item