Peran pesantren dalam mengontrol perilaku santri: studi Pondok Pesantren Al-Hidayah Asshomadiyah Sukorejo Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asrori, Izzi (2018) Peran pesantren dalam mengontrol perilaku santri: studi Pondok Pesantren Al-Hidayah Asshomadiyah Sukorejo Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asrori Izzi_I03214001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ada dua yakni bagaimana peran pondok pesantren dalam mengontrol perilaku santri di Pondok Pesantren Al Hidayah Asshomadiyah Sukorejo, Pasuruan dan apa langkah-langkah dalam mengontrol perilaku santri di Pondok Pesantren Al Hidayah Asshomadiyah Sukorejo, Pasuruan.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat peran pondok pesantren dalam mengontrol Perilaku santri di pondok pesantren Alhidayah Assomadiyah Sukorejo, Pasuruan, yang identik dengan struktur serta fungsi yag ada ini ialah teori Fungsional Sktruktural Talcott Parsons.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa; (1) Peran pondok pesantren dalam mengontrol perilaku santri bisa di lihat dari struktur yang ada mulai dari pengasuh, dewan asatidz, pengurus,kebijakan dan aturan memiliki peran penting yang yang saling terhubung dengan fungsionalnya yaitu santri yang menjalankan, mentaati serta menghormati kebijakan yang ada yang mana struktur fungsinal akan berjalan dengan baik dalam mengontrol perilaku santri di samping itu dari internal maupun eksternal pondok pesantren, juga merupakan faktor yang mana nantinya akan mempengaruhi perannya dalam semua sistem yang ada.(2). Langkah-langkah pondok pesantren dalam mengontrol perilaku santri harus sesuai dengan apa yang di butuhkan oleh santri yang mana, santri merasa di lindungi oleh adanya suatu kontrol bukan malah sebagai batasan ruang lingkupnya, perlu pemilihan langkah yang teliti ketika mengontrol santri, mulai dari membuat, mensosialisasikan, memelihara sampai menegakkan aturan, karena sudah terjadi ketika tidak tepat dalam memilih langkah akan berdampak besar terhadap suatu control itu sendiri, peraturan yang begitu mengikat bias menjadi boomerang bagi yang membuat aturan bahkan bias disalahkan oleh pengasuh, namun peraturan yang tidak begitu mengekang akan membuat santri bersikap semuanya. Sehingga dibuat peraturan dalam control santri yang sedemikian rupa dalam bentuk larangan dan takziran bagi yang melanggarnya dan semua itu atas dasar persetujuan bersama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asrori, Izziasrori.izzi99@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Perilaku
Pendidikan > Pesantren
Santri
Uncontrolled Keywords: Peran Pesantren; Pondok; Perilaku Santri
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Asrori Izzi
Date Deposited: 15 Feb 2018 08:01
Last Modified: 15 Feb 2018 08:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23212

Actions (login required)

View Item View Item