العناصر الخارجية في مسرحية "مأساة زينب" لعلي أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ashari, Kholidun (2018) العناصر الخارجية في مسرحية "مأساة زينب" لعلي أحمد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kholidun Ashari_A71214067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam sebuah karya sastra drama tidak dapat lepas dari dua unsur yang membangun cerita drama tersebut yaitu usur intrinsik dan ekstrinsik. Adapun pemahaman unsur intrinsik yaitu unsur yang menyusun suatu karya sastra dari dalam karya sastra. Dan unsur ekstrinsik adalah unsur luar yang mempengaruhi bangunan karya sastra. Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin mengkaji drama karya Ahmad Ali Baksir “Ma'satu Zainab”. Dalam drama ini menceritakan sejarah kondisi Mesir pada tahun 1800-1801 M, yaitu ketika Mesir menjadi tanah jajahan Perancis serta runtuhnya Prancis dari negara tersebut. Pada negara Mesir sendiri telah menjadi incaran bagi penjajah Inggris, Turki, dan lainnya. Drama ini ditulis oleh pengarang pada tahun 1967 M. Pada tahun tersebut merupakan peperangan antara bangsa Israel menghadapi gabungan tiga negara Arab yaitu Mesir, Suria, dan Yordania untuk merebutkan kekuasaan di kawasan Timur Tengah. Dan peperangan ini dikenal Israel dengan julukan Harbul Ayam Assitta. Dengan demikian melalui drama ini penulis menganalisis dengan menggunakan pendekatan kajian sastra unsur ekstrinsik yang meliputi kehidupan pengarang dari aspek sosial, agama, psikologi, dan budaya. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskrptif dan data diperoleh dari percakapan yang mengindikasikan adanya unsur ekstrinsik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sebagai berikut, pertama aspek sosial negara Mesir sedang terjadi peperangan, penghianatan, kemiskinan, politik yang buruk dan terdapat kisah cinta diantara tokoh drama. Aspek agama penjajah yang ada di Mesir meyakini bahwa orang islam sangat cinta agama dan tanah air. Aspek psikolinguistik terbagi dua karakter yaitu penolong dan penjajah dalam memperjuangkan Mesir. Dan yang terakhir aspek budaya meliputi beberapa kebiasaan diantaranya budaya wanita Mesir yang terhormat ia yang menggunakan hijab dari seluru tubuhnya kecuali mata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ashari, Kholidunkholidd95@gmailcomUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Sastra
Uncontrolled Keywords: Unsur Ekstrinsik; Drama Ma’satu Zainab; Ali Ahmad Baktsir
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ashari Kholidun
Date Deposited: 20 Feb 2018 01:54
Last Modified: 20 Feb 2018 01:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23211

Actions (login required)

View Item View Item