Komunikasi dakwah Nurul Hayat dalam mensyiarkan dakwah tentang Zakat di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamandia, Muhammad Randicha (2018) Komunikasi dakwah Nurul Hayat dalam mensyiarkan dakwah tentang Zakat di Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Randicha Hamandia_F120715276.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Lembaga zakat merupakan salah satu lembaga diluar pemerintah yang menerima, mengelola serta menyalurkan zakat dari Muzakki ke Mustahiq sebagai mitra pemerintah dalam mengurus zakat. Namun realitanya ada saja yang membuat stigma kelembagaan zakat ini menjadi negatif seperti ada saja oknum yang menyalahgunakan pengelolaan zakat ini sehingga menjadi stigma jelek di masyarakat. Seperti pada kasus Badan Amil Zakat Surabaya yang dibekukan oleh walikota Surabaya Ibu Risma Tri Maharini yang membekukan Badan Amil Zakat selama 3 tahun pada tahun 2015 yang terindikasi ada penyelewengan dana zakat. Permasalahannya adalah bagaimana cara mengkomunikasikan dakwah zakat tersebut ke masyarakat dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap lembaga zakat, yang mana sudah banyak bertebaran lembaga zakat yang sudah lebih dulu besar dan ternama berada di Surabaya ini, serta bisa saja kasus Badan Amil Zakat yang dibekukan membuat ketidakpercayaan pada masyarakat untuk berdonasi. Nurul Hayat adalah lembaga yang masih berusia belia yang ada di Surabaya. Butuh usaha ekstra untuk menjadi lembaga zakat yang terdepan yang jumlah muzakki nya meningkat begitupun donasinya di Surabaya. Maka yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi dakwah Nurul Hayat dalam mensyiarkan dakwah zakat nya ke masyarakat Surabaya serta strategi komunikasi dakwah apa yang digunakan dalam mendakwahkan zakat di Surabaya. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang mencoba memaparkan Komunikasi Dakwah yang digunakan Lembaga Zakat Nurul Hayat Surabaya. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif yang disajikan dalam bentuk uraian guna mendapatkan gambaran yang menyeluruh dari wawancara yang telah dikumpulkan dari hasil responden. Serta Teori yang digunakan adalah Teori Peranan Komunikator, Teori Persuasif serta Teori Penggunaan dan Pemenuhan kebutuhan. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa Strategi Komunikasi Dakwah yang digunakan oleh Nurul Hayat adalah dengan menggunakan Strategi Kontak Langsung, Strategi Kerjasama dan dengan Perantara Koordinator Donatur yang mana kesemuanya ini dengan metode Bil Hikmah, Mau’izhah Hasanah dan Mujadalah. Adapun untuk faktor pendukungnya adalah Kemandirian Lembaga, Akuntabilitas Program dan Keuangan serta Media yang digunakan dalam berdakwah, sedangkan faktor yang menghambat dalam penyampaian dakwah zakat Nurul Hayat adalah Fanatisme lembaga serta faktor Antropologis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamandia, Muhammad Randichahamandia.randi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Komunikasi Islam > Komunikasi
Amil Zakat
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Dakwah; Syiar zakat; Nurul Hayat
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Randicha Muhammad
Date Deposited: 14 Feb 2018 07:10
Last Modified: 14 Feb 2018 07:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23207

Actions (login required)

View Item View Item