Analisis pesan dakwah dalam iklan Fair and Lovely di tv episode dua pilihan: pendidikan S2 atau menikah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Priwittarani, Zhulizabela (2018) Analisis pesan dakwah dalam iklan Fair and Lovely di tv episode dua pilihan: pendidikan S2 atau menikah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zhulizabela Priwittarani_B91214069.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji adalah pesan dakwah dalam iklan fair & lovely episode dua pilihan : pendidikan S2 atau menikah. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis pesan dakwah dalam iklan tersebut.Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif non kancah dengan analisis wacana Teun A Van Dijk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi. Dari hasil penelitian, penyampaian pesan dakwah dalam tayangan iklan fair & lovely episode dua pilihan : pendidikan S2 atau menikah dengan kemasan alur cerita maju yang menekankan pada tiga pesan dakwah diantaranya : 1) Pesan akidah, seperti diantaranya bagaimana semestinya dan seharusnya islam mengajarkan perihal pendidikan dan pernikahan yang dijelaskan melalui Al Qur’an dan Hadits. 2) Pesan dakwah tentang Syari'a beberapa dialog memang dapat di perkuat dengan adanya ayat ayat Al qur’an yang menjelaskan syari’at menuntut ilmu dan syari’at pernikahan dalam islam agar tidak sembarangan melakukannya dan bahkan bisa bisa melanggar syariat islam. 3) Pesan dakwah tentang Akhlaq menyelipkan sikap sikap berakhlaqul karimah. Tutur kata yanglembut, dan juga penolakan sang anak yang cerdas dan sopan membuat penonton yang melihatnya pun pasti berfikir bila sang anak menyampaiakannya dengan perlahan pasti orang tua juga akan memahaminya. Dengan menggunkan 3 elemen struktur analisis wacana milik Teun Van Dijk yaitu, struktur tematik melalui tema, struktur skemantik melalui alur cerita dan struktur semantik melalui bahasa, maksud yang digunakan dalam dialog iklan tersebut. Berdasarkan permasalahan dan kesimpulan tersebut, ditemukan hanya sebagian pesan dakwah yang ada dalam iklan fair & lovely episode dua pilihan: pendidikan S2 atau menikah. Masih banyak lagi pesan-pesan moral yang terkandung di dalamnya. Kiranya tema ini dapat digunakan dalam penelitian selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Priwittarani, Zhulizabelazhulizab@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Iklan
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; iklan Fair and Lovely; analisis wacana
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Priwittarani Zhulizabela
Date Deposited: 19 Feb 2018 07:38
Last Modified: 19 Feb 2018 07:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23197

Actions (login required)

View Item View Item