Implementasi program D1 IT (Informasi dan Teknologi) dalam pengembangan keterampilan siswa membuat media powerpoint pada mata pelajaran fiqih Kelas XII jurusan keagamaan di MAN 1 Pasuruan

Ainiyah, Navisah Al (2018) Implementasi program D1 IT (Informasi dan Teknologi) dalam pengembangan keterampilan siswa membuat media powerpoint pada mata pelajaran fiqih Kelas XII jurusan keagamaan di MAN 1 Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Navisah Al Ainiyah_D91214097.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi program setara dipoma 1 IT di MAN 1 Pasuruan , yang sejauh ini menjadi keunggulan tersendiri karena berbeda dengan sekolah lain, siswa tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan umum dan agama saja, juga menjalankan perkuliahan dalam bidang IT. Dengan adanya program IT tersebut memberikan manfaat dalam proses pembelajaran, salah satunya dalam penggunaan media powerpoint pada saat presentasi, karena materi ini diajarkan dalam kuliah PRODISTIK di MAN 1 Pasuruan. Dalam hal ini permasalahan selanjutnya adalah terkait efektifitas hasil pembuatan media powerpoint dalam pembelajaran fiqih di kelas XII keagamaaan di MAN 1 Pasuruan.MMetode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan 3 tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, : (1) Program Setara Diploma 1 IT merupakan bentuk kerja sama yang tertulis dalam perjanjian MOU antara ITS dengan MAN 1 Pasuruan dalam bidang IT sejak tahun 2008 hingga sekarang.(2) Implementasi dari program ini berjalan dengan lancar dan terlaksana dengan baik. pada tahun 2008-2014 fokus pada program setara diploma 1 bidang TIK sebanyak 36 sks sebagai beban studi dan pada tahun 2015 terdapat pembaharuan kurikulum dan sistem sehingga fokus pada program terapan bidang TIK yakni adanya 6 bidang minat meliputi Perkantoran, Designe Grafis, Animasi, Robotika, Progamming dan Multimedia. Namun kurikulum ini baru terealisasikan pada tahun 2017 dan bidang minat terlaksana 3 bidang, yakni perkantoran, animasi dan designe grafis. .(3) Efektifitas hasil pembuatan media powerpoint dalam proses pembelajaran fiqih di kelas XII keagamaan hasilnya adalah efektif. Keterampilan siswa dalam membuat powerpoint bisa dikatakan bagus, isinya singkat namun padat, dalam hal mendisigne juga sudah bagus dan kreatif. Sehingga baik pemateri maupun auidence mendengarkan dengan baik karena media yang menarik dan materi yang disampaikan menjadi lebih mudah dipahami.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Subhan, Fa'uti
Uncontrolled Keywords: Keterampilan; Microsoft Powerpoint
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Teknologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ainiyah Navisah Al
Date Deposited: 15 Feb 2018 01:09
Last Modified: 15 Feb 2018 01:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23183

Actions (login required)

View Item View Item