Bentuk dan peranan gugus kendali mutu (GKM) pada masa dakwah Rasulullah

Permatasari, Ayu (2018) Bentuk dan peranan gugus kendali mutu (GKM) pada masa dakwah Rasulullah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ayu Permatasari_B74214019.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bentuk kegiatan dan peranan gugus kendali mutu pada masa dakwah Rasulullah.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif menggunakan studi literature dalam pengumpulan data. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dua periode dakwah terdapat pada masa dakwah Rasulullah, yaitu periode Mekkah dan Madinah. Kedua periode tersebut memiliki tempat yang berbeda dalam kegiatan gugus kendali mutu. Namun, pemimpin dan anggota dari gugus kendali mutu tetap sama, yaitu Rasulullah dan beberapa orang sahabat.
Pada periode Mekkah, Darul Arqam menjadi tempat pertemuan kelompok gugus. Terdapat dua bentuk kelompok gugus pada periode ini. Kelompok pertama dipimpin oleh Rasulullah dengan dibantu beberapa orang sahabat, yaitu Ali bin Abi Thalib, Abu Bakar, Utsman bin Affan, Zubair bin al-Awwam, Thalhah bin Ubaidillah, Sa’ad bin Abi Waqqash, dan Abdurrahman bin Auf. Kelompok kedua di tempat terpisah dengan pemimpin sahabat Rasulullah, yaitu Abu Dzar dan Khabbab bin al-Arats. Kegiatan mereka adalah menyelesaikan masalah, membaca dan mempelajari al-Quran, menyucikan jiwa, mengajarkan al-Hikmah, menguatkan ukhuwah, dan meningkatkan loyalitas terhadap dakwah Islam. Peranan gugus kendali mutu periode ini adalah pertahanan dakwah dan pembinaan intensif.
Pada periode Madinah, gugus kendali mutu terbagi menjadi lima sesuai dengan tugas masing-masing. Kelima kelompok tersebut adalah kelompok duta pertama Islam, kelompok pembelajaran, kelompok juru tulis, kelompok perang Badar, dan kelompok penakhlukkan kota Mekkah. Kegiatan gugus tersebut adalah membimbing umat Islam dalam mempelajari al-Quran, menyebarkan dakwah melalui surat ke raja-raja, mengembangkan peradaban Islam melalui perekonomian dan hukum masyarakat. Peranan gugus kendai mutu pada periode Madinah adalah pengembangan dakwah Islam secara terang-terangan dan pengembangan peradaban Islam.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Subandi, Bambang
Uncontrolled Keywords: Gugus Kendali Mutu; Dakwah Rasulullah
Subjects: Manajemen Dakwah
Nabi Muhammad
Sejarah > Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Permatasari Ayu
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:26
Last Modified: 15 Feb 2018 03:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23174

Actions (login required)

View Item View Item