Strategi dakwah KH. Muhammad Khoiron Syu’aib pasca ditutupnya lokalisasi prostitusi Bangunsari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Elfia, Nanik (2018) Strategi dakwah KH. Muhammad Khoiron Syu’aib pasca ditutupnya lokalisasi prostitusi Bangunsari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nanik Elfia_B91214079.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini, difokuskan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana strategi dakwah KH. Muhammad Khoiron Syu’aib pasca ditutupnya lokalisasi prostitusi Bangunsari Surabaya. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut, maka peneliti menggunakan pendekatan fenomenologi. Kemudian data yang digunakan berupa hasil dari wawancara tak terstruktur, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan teori strategi komunikasi sehingga data diperoleh dari Bentuk strategi dakwah yang dilakukan oleh Kyai Khoiron pasca penutupan lokalisasi prostitusi. Penulis meneliti Kh. Khoiron Syu’aib karena kemasyhurannya sebagai tokoh kyai Prositusi yang berdakwah dikalangan mad’u Patologis. salah satunya di Lokalisasi Bangunsari yang merupakan pilot project pertama yang berhasil ditutup. Maka, Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa ada dua bentuk strategi dakwah yang dilakukan oleh Kyai Khoiron pasca penutpan lokalisasi diantaranya adalah: a. Pemberdayaan Mental yang merupakan pemanfaatkan sarana berupa pengajian rutin di masjid-masjid sebagai media dakwah. disamping itu menguatkan mental anak-anak eks Mucikari maupun Psk dengan wawasan keagamaan, dengan mendirikan Taman Pendidikan Islam. b. Pemberdayaan Ekonomi yang merupakan upaya Kyai Khoiron dalam menggandeng para pemerintah kota, profinsi, maupun daerah untuk selalu mensupport dan mendukung dakwahnya dalam bentuk kerja sama untuk memenuhi sarana-prasarana sebagai penunjang dakwahnya. Seperti contoh: mendirikan Koperasi Syari’ah, UMKM (usaha, micro, kecil, dan menengah), mengadakan pelatihan penggalian bakat berupa peltihan tataboga, menjahit, membatik, menyablon, membuat sepatu, dll untuk eks Mucikari, PSK, maupun warga terdampak. Penelitian ini membahas fokus strategi dakwah KH. Khoiron Syu’aib pasca ditutupnya lokalisasi prostitusi, oleh sebab itu peneliti selanjutkan, diharapkan untuk melakukan penelitian mengenai Metode Dakwah KH. Khoiron Syu’aib karena mengingat strategi dakwah sangat berkaitan erat dengan Metode dakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Elfia, Naniknaniakhufah@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Strategi
Dakwah > Dakwah - Metode
Keywords: Khoiron Syuaib; dakwah; prostitusi; Bangunsari
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Elfia Nanik
Date Deposited: 14 Feb 2018 02:54
Last Modified: 14 Feb 2018 02:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23172

Actions (login required)

View Item View Item