Pesan dakwah Emha Ainun Nadjib di situs youtube caknun.com tanggal 5 Juni 2017: analisis wacana

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Farid Zulian Dwi (2018) Pesan dakwah Emha Ainun Nadjib di situs youtube caknun.com tanggal 5 Juni 2017: analisis wacana. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farid Zulian Dwi Saputra_B71214038.pdf

Download (12MB)

Abstract

Adanya penelitian ini untuk merumuskan sebuah teori yang ada disalah satu ceramah Emha Ainun Nadjib yang di unggah dimedia sosial youtube dengan isi ceramah yakni “bagaimana khusu’ itu”. Dakwah selama ini identik dengan ceramah melalui lisan. Namun di zaman modern, seperti sekarang ini, dakwah haruslah dikemas dengan menarik. Video streaming youtube merupakan salah satu media dakwah yang efektif dan diminati oleh banyak masyarakat. Selain akses yang mudah dan dijangkau, dan dapat diulang serta disimpan jika ingin melihat video kembali. Vidio yang di unggah oleh Emha Ainun Nadjib diakun resmi youtube nya, mempunyai pesan dakwah di dalam ceramahnya ya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif non kancah dengan menggunakan analisis wacana model Teun Van Djik. Penyajian data yang ada dilakukan dengan cara observasi dan pengamatan. Para praktisi dakwah sebaiknya menerapkan dakwah dengan menggunakan media youtube sebagai media dakwahnya. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Emha Ainun Nadjib dimana ia menggunggah video yang membuat semua para jamaahnya bisa melihat ceramahnya melalu media yang sangat mudah dijangkau, dengan hanya membuka disitus akun youtube resmi dari caknun tersebut. Beberapa vidio yang di unggah cak nun merupakan dokumentasi dari acara, bangbang wetan, padhangbulan mocopat syafaat, jadi apabila ada jamaah maiyah yang tidak bisa melihat secara langsung acara tersebut, jamaah bisa melihatnya melalui akun youtube resmi dari cak nun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Farid Zulian Dwidiraf733@gmail.comB71214038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAffandi, Masduqi--2021015702
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; Youtube.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Saputra Farid Zulian Dwi
Date Deposited: 14 Feb 2018 08:30
Last Modified: 10 Dec 2021 02:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23171

Actions (login required)

View Item View Item