Pengurangan risiko bencana erosi tanah berbasis komunitas Yasinan Kakung di Desa Watuagung Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktafia, Fransiska (2018) Pengurangan risiko bencana erosi tanah berbasis komunitas Yasinan Kakung di Desa Watuagung Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL.

[img]
Preview
Text
Fransiska Oktafia_B02213019.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengurangan risiko bencana erosi tanah yang ada disekitar pemukiman warga Dusun Krajan Desa Watuagung. Juga terdapat beberapa titik lokasi rawan akan terjadinya tanah longsor. Desa Watuagung berada pada ketinggian 489 MDPL. Faktor alam dan faktor manusia menjadi penyebab dari beberapa faktor seperti curah hujan yang sangat tinggi, debit deras kecepatan air sungai, diambilnya bebatuan untuk dijual, dan beberapa faktor lainnya yang menyebabkan terjadinya erosi tanah di lingkungan sekitaran warga RT 20 lebih tepatnya Dusun Krajan Desa Watuagung.
Penelitian dan pendampingan ini menggunakan pendekatan metode PAR (Participatory Action Research) yang melibatkan masyarakat secara aktif dan menjadikan pengalaman mereka sendiri sebagai persoalan dan jalan untuk mencari perubahan yang lebih baik. Penelitian ini mengajak masyarakat Desa Watuagung guna mencegah akan terjadinya bencana tidak diinginkan. seperti bencana erosi tanah yang nantinya bisa berdampak besar menjadi bencana tanah longsor ataupun bencana longsoran kecil yang apabila dibiarkan bisa berdampak menjadi bencana tanah longsor.
Dalam aksi ini hasil yang dicapai pada pendampingan dilakukan oleh peneliti bersama masyarakat yakni melakukan perubahan dalam bentuk pelatihan pembelajaran pengurangan resiko bencana guna memberikan pengetahuan dasar dalam pengurangan resiko bencana. melalui media visual mengenai film kebencanaan yang keterkaitan dengan bencana erosi tanah disekitar Desa Watuagung dan juga aksi lapangan pencegahan melalui penanaman atau bisa disebut reboisasi. Sehingga masyarakat mampu menangani atau menanggulangi bencana secara mandiri tanpa harus menunggu bantuan dari pihak-pihak yang terlibat.

Kata Kunci: Pendampingan, Erosi Tanah, Reboisasi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktafia, Fransiskafransiska.oktafia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bencana alam
Masyarakat Islam
Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Pendampingan; erosi tanah; reboisasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Oktafia Fransiska
Date Deposited: 15 Feb 2018 02:18
Last Modified: 15 Feb 2018 02:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23155

Actions (login required)

View Item View Item