Dakwah pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui industri kreatif Telur Asin di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Aniswatun (2018) Dakwah pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui industri kreatif Telur Asin di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Aniswatun Khasanah_B02213007.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan kepada kelompok ibu-ibu PKK RT 8 sebagai upaya membangun industri kreatif di Kelurahan Kebonsari. Dengan membangun kesadaran terhadap aset serta memanfaatkan keterampilan dan kreatifitas yang dimiliki. Sehingga, aset yang dimiliki dapat dimanfaatkan dengan lebih baik dan mampu meningkatkan pendapatan untuk mensejahterakan perekonomian masyarakat. Pendampingan ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development), yakni pendekatan pendampingan yang dilakukan dengan cara memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan pendekatan berbasis aset, Setiap individu maupun kelompok didorong untuk memulai proses perubahan, karena ABCD merupakan sebuah pendekatan dalam pengembangan masyarakat yang berupaya mewujudkan tatanan kehidupan sosial dimana masyarakat menjadi pelaku dan penentu upaya pembangunan di lingkungannya. Melalui proses aksi perubahan seperti melakukan pelatihan dan uji coba membuat kerupuk dan pepes telur asin, menghasilkan kesadaran masyarakat terhadap aset telur asin dengan memanfaatkan keterampilan dan kreatifitas yang dimiliki. Sehingga, telur asin yang awalnya memiliki nilai jual rendah menjadi bernilai jual tinggi setelah adanya sentuhan kreatifitas. Adanya inovasi dalam pengolahan telur asin, mampu meningkatkan pendapatan untuk mensejahterakan perekonomian masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, AniswatunNiswa.chasanah205@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Industri RumahTangga
Pemberdayaan
Keywords: Membangun industri kreatif; berbasis aset; pengolahan telur asin
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Khasanah Aniswatun
Date Deposited: 15 Feb 2018 02:14
Last Modified: 15 Feb 2018 02:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23154

Actions (login required)

View Item View Item