Penguatan masyarakat dalam menghadapi bencana tanah longsor di Dusun Ngukir Desa Ngranget Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun

Ghofur, Abdul (2018) Penguatan masyarakat dalam menghadapi bencana tanah longsor di Dusun Ngukir Desa Ngranget Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Abdul Ghofur_B02213001.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penguatan Penelitian ini menggambarkan tentang tingginya kerentanan masyarakat akibat bencana tanah longsor yang berada di Dusun Ngukir Desa Ngranget, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun. Tingginya kerentanan tersebut dikarenakan rendahnya kesadaran dan pengetahuan warga dan pemerintah desa dalam menghadapi ancaman bencana tanah longsor, dan belum adanya kader kebencanaan yang berada di tengah-tengah masyarakat. Sehingga tujuan daripada pendampingan ini adalah membangun kesadaran dan pengetahuan warga dalam menghadapi bencana tanah longsor serta menyiapkan kader-kader bencana guna bekerja sama bersama warga serta pemerintah desa dalam menangani persoalan bencana.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR), yang mengutamakan partisipasi masyarakat pada setiap prosesnya. Sehingga masyarakat faham dengan permasalahan yang mereka hadapi. Sehingga dari setiap prosesnya terjadilah perubahan ke arah yang lebih baik untuk masyarakat. Karena di tangan masyarakat sendirilah perubahan itu bisa terjadi.
Melalui kegiatan penyadaran, memberikan pengetahuan, advokasi serta menyiapkan kader kebencanaan di tengah-tengah masyarakat diharapkan menjadi salah satu upaya penguatan dalam persoalan bencana yang warga hadapi di lingkungannya. Kegiatan tersebut juga diharapkan mampu menjadi langkah awal dan keberlanjutan dalam upaya mengurangi kerentanan masyarakat dalam persoalan bencana.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Halim, Abdul
Uncontrolled Keywords: Tanah Longsor; Kesadaran; Pengurangan Risiko Bencana
Subjects: Bencana alam
Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ghofur Abdul
Date Deposited: 15 Feb 2018 01:42
Last Modified: 15 Feb 2018 01:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23143

Actions (login required)

View Item View Item