Membangun kesadaran dini masyarakat dalam pengurangan risiko bencana di Desa Bendoasri Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk

Afriana, Finda (2018) Membangun kesadaran dini masyarakat dalam pengurangan risiko bencana di Desa Bendoasri Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Finda Afriana_B02213016.pdf

Download (19MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang proses pendampingan dan pengorganisiran masyarakat terhadap kerentanan masyarakat terhadap bencana tanah longsor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi tingkat risiko bencana dari ancaman bencana tanah longsor. Kerentanan masyarakat terhadap ancaman bencana tanah longsor terjadi karena belum adanya pemahaman masyarakat mengenai kebencanaan dan lokasi Desa Bendoasri yang berada di lereng pegunungan serta jauh dari akses fasilitas umum. Selama ini, tindakan masyarakat terhadap bencana masih dalam tahap reponsif belum sampai pada tahap preventif. Penelitian dan pendampingan ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Di dalam penerepan motede PAR ini, mengharuskan peneliti hidup membaur besama masyarakat untuk membangun sebuah kepercayaan anatara masyarakat dengan peneliti. PAR merupakan penelitian yang melibatkan secara aktif semua pihak-pihak yang relevan (stakeholder) dalam mengkaji tindakan yang sedang berlangsung (di mana pengalaman mereka sendiri sebagai persoalan) dalam rangka melakukan perubahan dan perbaikan ke arah yang lebih baik. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam metode PAR yaitu agenda riset bersama, merumuskan masalah bersama komunitas dan membuat prencanaan strategis. Pada proses pendampingan ini, melakukan upaya pra bencana dengan membangun kesadaran dini masyarakat terhadap kebencanaan terutama pengurangan risiko bencana. Karena pengurangan risiko bencana sangat penting bagi masyarakat yang berada di kawasan rawan bencana, dimana masyarakat tidak bisa menghindari bencana, dan bencana tidak bisa menjauh dari masyarakat. Sehingga pengurangan risiko bencana merupakan jalan keluar untuk masalah kebencanaan. Dengan adanya uapaya pengurangan bencana diharapkan mampu mengurangi dampak yang diakibatkan oleh bencana.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Halim, Abdul
Uncontrolled Keywords: Kerentanan; pengurangan risiko bencana
Subjects: Bencana alam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Afriana Finda
Date Deposited: 19 Feb 2018 04:33
Last Modified: 19 Feb 2018 04:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23141

Actions (login required)

View Item View Item