Analisi isi pesan dakwah ustadz Bangun Samudra dalam video youtube kajian muallaf hijrah sepenuh hati

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akbar, Abdul Wafi (2018) Analisi isi pesan dakwah ustadz Bangun Samudra dalam video youtube kajian muallaf hijrah sepenuh hati. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Wafi Akbar_B71214026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dakwah selama ini identik dengan ceramah melalui lisan. Namun di zaman modern, seperti sekarang ini, dakwah haruslah dikemas dengan menarik. Video streaming YouTube merupakan salah satu media dakwah yang efektif dan diminati oleh banyak masyarakat. Selain akses yang mudah dan dijangkau, dan dapat diulang serta disimpan jika ingin melihat video kembali. Video kajian muallaf hijrah sepenuh hati, adalah salah satu video yang didalamnya terkandung banyak pesan dakwah yang disampaikan oleh Ustadz Bangun Samudra. Video dakwah ini bercerita tentang pengalaman seorang non-muslim yang hijrah menjadi muallaf bahkan mampu menjadi Ustadz berlatar belakang mantan pastur. Berdasarkan konteks diatas, maka peneliti menentukan rumusan masalah yaitu pesan dakwah apa saja yang terdapat dalam video kajian muallf hijrah sepenuh hati oleh Ustadz Bangun Samudra, kemudian pesan dakwah apa yang paling dominan? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi yang bersifat kuantitatif, yaitu dengan cara mencatat nilai-nilai bilangan atau frekuensi untuk melukiskan berbagai jenis isi yang didefinisikan. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan dokumentasi pada video tersebut, lalu selanjutnya melakukan coding. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan analisis isi terhadap pesan dakwah yang terdapat pada video youtube kajian muallaf hijrah sepenuh hati. Setelah dihitung dan dianalisis, maka hasil penelitian menunjukan bahwa pesan dakwah yang terdapat dalam video tersebut adalah pesan akidah 51,4%, pesan akhlak 31,4%, dan pesan syariah 17,2%. Maka pesan dakwah yang paling dominan adalah pesan dakwah akidah yaitu dengan peresentase 51,4%. Pesan akidah menjadi urutan tertinggi karena mayoritas mad’u dari kalangan muallaf, sehingga da’i memilih tema pesan dakwah yang umum yakni tentang akidah dalam ajaran Islam. Penelitian ini hanya meneliti analisis isi pesan dakwah Ustadz Bangun Samudra dalam video kajian muallaf hijrah sepenuh hati. Bagi peneliti selanjutnya diharap bisa meneliti dengan jangkauan lebih luas lagi tentang analisis isi pesan dakwah Ustadz Bangun Samudra dalam video kajian muallaf hijrah sepenuh hati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akbar, Abdul Wafiabdulwafi212@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Uncontrolled Keywords: Analisis isi; pesan dakwah; youtube; muallaf
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Akbar Abdul Wafi
Date Deposited: 13 Feb 2018 08:31
Last Modified: 13 Feb 2018 08:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23137

Actions (login required)

View Item View Item