(MA)تحليل الأخطاء النحوية لدى طلاب الفصل الثاني عشر في المدرسة العالية : دار العلوم الإسلامية سنة 2017/2018 وارو سيدوارجو دراسة تحليل الأخطاء

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ati, Suci Ning (2018) (MA)تحليل الأخطاء النحوية لدى طلاب الفصل الثاني عشر في المدرسة العالية : دار العلوم الإسلامية سنة 2017/2018 وارو سيدوارجو دراسة تحليل الأخطاء. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Suci Ning Ati_A71214053.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ilmu nahwu adalah suatu ilmu disiplin untuk memahami kaidah-kaidah Bahasa Arab bentuk kata dan keadaan-keadaannya ketika masih satu kata (Mufrod) atau ketika sudah tersusun (Murokkab). Termasuk didalamnya adalah pembahasan shorof. Karena Ilmu Shorof bagian dari Ilmu Nahwu, yang ditekankan kepada pembahasan bentuk kata dan keadaannya ketika mufrodnya. Peneliti ingin mencari bentuk syakl dan penyebab kesalahan dalam tulisan siswa kelas III di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru Sidoarjo. Dalam hal ini, metode yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif dengan menganalisis kesalahan dengan cara mengumpulkan data dari tulisan beberapa siswa untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang terdapat pada tulisan tersebut. Dari analisis yang diteliti oleh peneliti, terdapat kesimpulan bahwa, terdapat kesalahan-kesalahan nahwu dalam tulisan siswa-siswi Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru, yaitu kesalahan dalam jumlah fi’liyah terdapat 26 data (fi’il 10 data dan fa’il 16 data), kesalahan dalam jumlah ismiyah 24 data (mubtada’ 21 data dan khobar 3 data), kesalahan dalam idhofah 23 data, kesalahan dalam huruf jer 13 data, kesalahan dalam na’at man’ut 19 data, kesalahan dalam maf’ul bih 31 data, kesalahan dalam huruf athaf 37 data, kesalahan dalam isim ghoiru munshorif 22 data. Sedangkan penyebab kesalahan dari mereka adalah menyamaratakan kata sesudah dan sebelumnya sebanyak 33 data, ketidak tahuan dalam kaidah sebanyak 19 data dan kekurangan dalam praktik sebanyak 143 data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ati, Suci Ningcsuci230@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ati Suci Ning
Date Deposited: 14 Feb 2018 07:35
Last Modified: 14 Feb 2018 07:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23132

Actions (login required)

View Item View Item