Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada kegiatan kepramukaan dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ajizah, Imroatul (2018) Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada kegiatan kepramukaan dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Imroatul Ajizah_D91214091.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Apa saja konten Penidikan Agama Islam pada kegiatan Kepramukaan? (2) Bagaimana strategi internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada kegiatan kepramukaan di MTs. Darul Ulum Waru? (3) Bagaimana hasil internalisasi Pendidikan Agama Islam pada kegiatan kepramukaan terhadap karakter peserta didik di MTs. Darul Ulum Waru? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait degradasi moral yang masih sering terjadi dimana-mana. Berbagai upaya dari pemerintah telah dilakukan demi menangguli masalah ini, salah satunya dengan menggalakkan pendidikan karakter. Banyak program yang telah dicanangkan oleh pemerintah terkait pembenahan karakter bangsa ini, salah satunya melalui program wajib ektrakurikuler pramuka di sekolah. Bukan hanyai tu, pembelajaran di sekolah juga harus mengandung pendidikan karakter. Utamanya pendidikan agama Islam sebagaimana tujuannya yaitu membentuk insan kamil.Untuk itu, dengan dimasukkannya nilai-nilai pendidikan agama Islam pada kegiatan kepramukaan diharapkan dapat menghasilkan karakter yang berkualitas, baik pada aspek akal, jasmani, maupun rohani. Data-data penelitian ini dihimpun dari wargaMTs. Darul Ulum Waru yang dapat memberikan data-data terkait internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam sebagai obyek penelitian. Permasalahan yang ada dijawab melalui penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan model analisis interaktif Miles & Huberman dengan skema koleksi data, reduksi data, display data dan konklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara nilai-nilai kepramukaan yang ada pada dasa darma dengan nilai-nilai pendidikan agama Islam. Strategi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada kegiatan kepramukaan memiliki peran penting dalam mewujudkan karakter peserta didik. Adapun penelitian terhadap strategi internalisasi di MTs. Darul Ulum menunjukkan belum maksimalnya pelaksanaan strategi internalisasi pada aspek keteladanan. Dengan demikian, perlu diadakannya pembenahan pada darma bina diri bagi pembina agar dapat menjadi teladan yang baik bagi peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ajizah, Imroatulimroatul.ajizah1509@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Nilai PAI; kepramukaan; pendidikan karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ajizah Imroatul
Date Deposited: 14 Feb 2018 08:21
Last Modified: 14 Feb 2018 08:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23129

Actions (login required)

View Item View Item