Pengaruh akun dakwah instagram terhadap sikap keagamaan siswa di SMAN 17 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Elok (2018) Pengaruh akun dakwah instagram terhadap sikap keagamaan siswa di SMAN 17 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elok Latifah_D71214062.pdf

Download (13MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana penggunaan instagram oleh siswa SMAN 17 Surabaya dalam mengakses akun dakwah islami? (2) Bagaimana sikap keagamaan siswa di SMAN 17 Surabaya? (3) Bagaimana Pengaruh informasi akun dakwah instagram terhadap sikap kegamaan siswa di SMAN 17 Surabaya. Penelitian ini di latar belakangi oleh instagram sebagai media sosial yang digemari oleh remaja khususnya siswa SMAN 17 Surabaya. Di dalamnya terdapat berbagai macam informasi salah satunya infomasi keagamaan yang disebarkan oleh akun dakwah. Banyak sekali kelompok Islam yang mneyebarkan berita islami melalui akun dakwah instagram. Selain berdakwah mereka juga menanamkan paham-paham yang mereka anut yang nantinya dapat mempengaruhi sikap keagamaan pembacanya, termasuk para remaja yang sudah dapat berfikir kritis khusunya siswa SMAN 17 Surabaya.Sikap keagamaan yang dimaksud adalah seputar ibadah, pernikahan dan pacaran, toleransi, dan khilafah dalam islam. Data-data penelitian ini dihimpun dari siswa penggguna instagram di SMAN 17 Surabaya sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik persentase dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan regresi linier sederhana , dapat disimpulkan bahwa: (1) Persentase siswa pengguna instagram di SMAN 17 Surabaya cukup baik yakni 67,6 %,(2) Persentase sikap keagamaan siswa pengguna instagram di SMAN 17 Surabaya baik dengan presentase, 80,05 % (3) Ada pengaruh yang signifikan antara akun dakwah instagram dengan sikap keagamaan siswa SMAN 17 Surabaya,dengan hasil perhitungan regresi linier sederhana diperoleh nilai t hitung sebesar 15.544 lebih besar dari t tabel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Elokeloklatifah03@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Pendidikan Islam
Perilaku
Keywords: Akun dakwah instagram; sikap keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Latifah Elok
Date Deposited: 14 Feb 2018 07:10
Last Modified: 14 Feb 2018 07:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23124

Actions (login required)

View Item View Item