Konsep manusia dalam ajaran Sapta Darma dan pemikiran Drijarkara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chikmawati, Putri (2018) Konsep manusia dalam ajaran Sapta Darma dan pemikiran Drijarkara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Chikmawati_E01213070.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kajian filsafat yang berkaitan dengan manusia dengan pemikiran dimensi waktu dan kesejarahan manusia yakni pemikiran filsafat manusia menduduki peringkat tertinggi dari sekian banyak kajian yang ada, selain obyeknya unik kajiannya dapat menghasilkan konsepsi dan persepsi yang berbeda dengan fenomena yang dipahami. Manusia bukanlah sekedar ada yang berada di tengah-tengah ada manusia sadar atas eksistensi dirinya sendiri dan dia sadar akan eksistensi dunia disekitarnya. biarpun manusia hanyalah sebutir pasir di tengah-tengah alam raya namun alam raya juga berada di sekitar manusia. Konsep manusia sebagai prosedur penelitihan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang dapat diamati dengan menggunakan pada latar belakang dan individu tersebut secara utuh, dalam suatu penelitihan untuk mendapatkan hasil yang optimal harus menggunakan metode tentang persepsi masyarakat terhadap hak dan kebebasan manusia dalam ajaran sapto Darmo dan pemikiran Drijarkara. Manusia adalah benda yang mengatasi benda atau konsep manusia tidak hanya berhadapan dengan dirinya sendiri melainkan menghadapi segala sesuatu yang berarti. manusia juga menghadapi berbagai persoalan, kesukaran, kesulitan, dan sebagainya. Dari hasil komparasi kedua konsep tersebut unsur kesadaran manusia yakni dari jasmani dan rohani. Sehingga manusia dapat berpikir untuk mempunyai nilai moral dan aturan hidupnya, dalam Al-Qur’an mengatakan bahwa manusia harus mempunyai keterkaitan diri kepada Tuhan karena Tuhan adalah puncak kesempurnaan dan merupakan tujuan dari perjalanan manusia, Maka dari itu manusia memilih jalan hidupnya menggunakan kesadaran jasmani dan rohani agar dapat menggetahui nilai moral yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chikmawati, Putriputrihikmah167@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Filsafat
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Konsep Manusia; Sapta Darma; Drijarkara
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat
Depositing User: Chikmawati Putri
Date Deposited: 13 Feb 2018 08:44
Last Modified: 13 Feb 2018 08:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23120

Actions (login required)

View Item View Item