"شخصية الأشخاص في القصة سلمان الفارسي في الرواية "رجال حول الرسول (لخالد محمّد خالد (بحث سيكولوجي عند سغموند فرويد

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurona, Atmim Lana (2018) "شخصية الأشخاص في القصة سلمان الفارسي في الرواية "رجال حول الرسول (لخالد محمّد خالد (بحث سيكولوجي عند سغموند فرويد. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atmim Lana Nurona_A91214087.pdf

Download (6MB)

Abstract

Khalid Muhammad Khalid merupakan salah satu sastrawan Arab yang memiliki banyak karya sastra. Salah satu karya Khalid Muhammad Khalid adalah novel “Rijal Haula Rasul” (60 Sahabat disekitar Rasul) yang berisi biografi 60 sahabat Rasul dan perjuangannya dalam menegakkan agama Islam. Salah satu tokoh dalam novel tersebut adalah Salman Al Farisi.
Salman Al Farisi adalah salah seorang sahabat Rasul, yang dalam novel “Rijal Haula Rasul” (60 Sahabat disekitar Rasul), dikisahkan sebagai tokoh yang memiliki keinginan yang kuat, rasa penasaran yang tinggi serta tekun dalam mendalami apa yang ia yakini. Bermula dari memeluk agama Majusi kemudian memeluk agama Nasrani dan berguru kepada 6 Pendeta, dan pada akhirnya ia bertemu Rasulullah dan memeluk agama Islam, Ada banyak konflik batin yang ada pada tokoh Salman Al Farisi sebelum ia benar-benar menemukan kebenaran dalam keyakinan agama. Oleh karena hal tersebut, dalam novel “Rijal Haula Rasul” (60 Sahabat disekitar Rasul), peneliti mengkhususkan fokus penelitiannya terhadap tokoh Salman Alfarisi, dalam kajian psikologi sastra. Yaitu berupa analisis kepribadian berdasarkan dengan teori Sigmund Freud, yang bertujuan untuk mengetahui kepribadian tokoh Salman Al Farisi di tinjau dengan teori Psikoanalisis Sigmund Freud yang terdiri dari 3 macam, yaitu: Id, Ego, Super Ego. Id adalah sifat yang pada dasarnya dimiliki manusia dan selalu ada pada setiap fitrah manusia dan tidak mungkin untuk memungkirinya. Ego adalah sifat yang akan mempertimbangkan dengan realitas (mengendalikan Id), dan Super Ego adalah moralitas yang terdapat dalam kepribadian (hati nurani).
Dalam penelitian ini kepribadian Salman Al Farisi yang masuk ke dalam Id adalah haus akan spiritual (mencari agama yang menurutnya benar), yang masuk ke dalam Ego adalah Bimbang dan membangkang, dan yang masuk ke dalam Super Ego adalah zuhud. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, adalah metode deskriptif. Metode ini digunakan untuk menggali sumber informasi dan data yang berupa teks – teks sastra, sehingga data yang tampil bukan konsep – konsep statistik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurona, Atmim Lanaatmimlananurona11@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Perwatakan; Sastra Arab; Psikologi Sastra
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nurona Atmim Lana
Date Deposited: 14 Feb 2018 07:35
Last Modified: 14 Feb 2018 07:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23114

Actions (login required)

View Item View Item