Implementasi budaya religius dalam pembinaan mental mahasiswi D-III Kebidanan di Akademi Kebidanan Sakinah Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmawati, Lailil (2018) Implementasi budaya religius dalam pembinaan mental mahasiswi D-III Kebidanan di Akademi Kebidanan Sakinah Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lailil Fatmawati_D91214109.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama saat ini terkesan formal, sehingga memerlukan upaya pengembangan pendidikan agama untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena kebiasaan yang berulang akan menjadi sebuah budaya yang bisa memberikan kontribusi dalam pembentukan mental seseorang. Terutama dalam pembentukan kepribadian sebagai mahasiswa, usia perkembangan ini, mereka mengalami ketidaksatabilan dalam beragama, yang bisa mempengaruhi kondisi mental/jiwa keberagamaan (religius). Aspek-apek yang menjadi fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan budaya religius dalam pembinaan mental mahasiswi D-III kebidanan di Akademi Kebidanan Sakinah Pasuruan?, (2) Bagaimana kontribusi dalam pelaksanaan budaya religius dalam pembinaan mental mahasiswi D-III kebidanan di Akademi Kebidanan Sakinah Pasuruan?. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui penerapan budaya religius seperti apa yang dapat membina mental mahasiswi (Akademi Kebidanan Sakinah Pasuruan).Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data kualitatif dianalisis secara deskriptif, melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan budaya religius di Akademi Kebidanan Sakinah pasuruan terdiri dari tiga pelaksanaan yaitu (a) kegiatan harian, yang terdiri dari Budaya 3 S (senyum, Sapa, Salam), doa sebelum dan sesudah pembelajaran, dan berbusana islami. (b) kegiatan mingguan terdiri dari istighosah, yasin dan tahlil, serta khataman al-Quran juga infaq. (c) kegiatan tahunan yang dilaksanakan untuk peringatan hari besar islam(PHBI) dan bakti sosial. seluruh kegiatan ini termasuk dalam rangka membina mental mahasiswa. kontribusi budaya religius dalam pembinaan mental mahasiswa memberikan kesimpulan : Pertama, kesucian jiwa terimplementasikan dalam bentuk budaya religius doa sebelum dan sesudah pembelajaran, istighosah, yasin dan tahlil,dan khataman al-Quran. Kedua, penguat konsep diri sebagai muslimah terimplemntasikan dalam wujud budaya religius PHBI dan berbusana islami. Ketiga, perilaku sosial yang agamis, terimplemntasikan dalam wujud budaya religius budaya 3 S(senyum sapa, salam), infaq dan bakti sosial.
Kata Kunci : Budaya Religius, Pembinaan Mental, Keagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmawati, Lailillaililaifa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Uncontrolled Keywords: Budaya religius; pembinaan mental; keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatmawati Lailil
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:03
Last Modified: 14 Feb 2018 06:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23112

Actions (login required)

View Item View Item