النعت وأغراضه في كتاب "تعليم المتعلم" للشيخ الزرنوجي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Ivana Dalla (2018) النعت وأغراضه في كتاب "تعليم المتعلم" للشيخ الزرنوجي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ivana Dalla Amalia_A91214114.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan bagian dari kajian ilmu nahwu yang meneliti tentang Na’at dan tujuan-tujuannya dalam kitab Ta’lim Muta’alim. Dalam kajian ilmu nahwu terdapat kaidah tentang Na’at. Na’at adalah lafadz yang disebutkan sesudah isim untuk menjelaskan sebagian keadaan isim tersebut atau keadaan isim lain yang berhubungan dengannya. Na’at dibagi dua, yaitu Na’at Hakiki (na’at yang menjelaskan isim sebelumnya) dan Na’at Sababi (na’at yang menjelaskan isim yang berhubungan dengan man’utnya). Na’at Hakiki terbagi menjadi tiga, yaitu mufrad, jumlah dan syibhu jumlah. Kitab Ta’lim Muta’alim adalah salah satu kitab klasik yang dikarang oleh Syeh Al-Zarnuji kurang lebih pada abad 6 Hijriyah. Kitab ini dijadikan pegangan dan pedoman bagi para siswa atau santri-santri di pesantren yang masih mengajarkan kitab klasik. Peneliti memilih kitab ini untuk dijadikan sebagai objek penelitian karena keutamaan-keutamaannya. Dimana kitab ini mempunyai kandungan yang besar dalam mengatur tata cara seorang siswa dalammenuntut ilmu agar ilmunya menjadi ilmu yang bermanfaaat dan mempunyai nilai keberkahan yang tinggi. Pada penelitian ini penulis fokus pada pokok permasalahan yaitu, 1) apa saja macam-macam na’at dalam kitab Ta’lim Muta’alim? 2) apa tujuan-tujuan na’at dalam kitab Ta’lim Muta’alim?, dengan tujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk na’at, macam-macam serta tujuan-tujuan na’at dalam kitab Ta’lim Muta’alim. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, karena data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata bukan berupa angka. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data-data yaitu metode dokumentasi dengan mencari data-data pada kitab Ta’lim berupa kata, kalimat atau syair serta menjelaskan tujuan na’at tersebut. Berdasarkan penelitian ini penulis menemukan data berupa bentuk na’at sebanyak 84, macam-macam na’at diantaranya, na’at hakiki dan mufrad 76, na’at jumlah 6, syibhu jumlah 2, dan 6 tujuan na’at yaitu, penjelasan, pengkhususan, pujian, celaan, kasihan, dan penegasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Ivana Dallaiva.syava@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Uncontrolled Keywords: Na'at; Kitab Ta'lim Muta'alim
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Amalia Ivana Dalla
Date Deposited: 20 Feb 2018 02:06
Last Modified: 20 Feb 2018 02:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23100

Actions (login required)

View Item View Item