Pemberdayaan komunitas pinggiran kota: pendampingan penguatan ekonomi melalui kelompok Yasinan pada Komunitas Pinggir Rel Kelurahan Sidotopo, Kecamatan Semampir, Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aminullah, Rizqi Iqbal (2018) Pemberdayaan komunitas pinggiran kota: pendampingan penguatan ekonomi melalui kelompok Yasinan pada Komunitas Pinggir Rel Kelurahan Sidotopo, Kecamatan Semampir, Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizqi Iqbal Aminullah_B02212008.pdf

Download (3MB)

Abstract

Komunitas pinggiran rel Sidotopo RT 6 RW 11 merupakan salah satu komunitas pinggiran kota yang letaknya berada di Kecamatan Semampir Surabaya. Di komunitas ini seluruh penduduknya adalah perantau yang berasal dari Madura, dengan latar belakang perantauan untuk meningkatkan pendapatan/perekonomian keluarga. Dari hal inilah penelitian dan pendampingan ini dilakukan untuk bersama-sama masyarakat mewujudkan impian untuk meningkatkan pendapatan/perekonomian keluarga dengan mengoptimalkan aset berupa kelompok yasinan. Penelitian ini menggunakan Metode Pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). Dalam metode pendekatan berbasis aset menekankan pendekatan-pendekatan kepada masyarakat dalam mengoptimalkann aset-aset yang dimiliki komunitas. baik aset manusia, sosial, agama, fisik dan lain-lain. Seperti mulai dari proses penyadaran terhadap aset, mulai menghubungkan dan menggerakkan aset, hingga mengoptimalkan aset yang dimiliki tersebut agar dapat mengubah kehidupan masyarakat menuju keberdayaan, tanpa ketergantungan terhadap pihak luar. Hasil pendampingan ini adalah perubahan pola pikir warga komunitas pinggir rel Sidotopo yang pada awalnya tidak menyadari dengan aset kebersamaan yang dimilikinya. Dari perubahan pola pikir inilah kemudian berkembang pada pengoptimalan aset berupa kelompok yasinan dengan diadakan arisan modal untuk usaha didalamnya sehingga perekonomian warga mulai meningkat dengan usaha dari hasil arisan modal tersebut. Perubahan ini terjadi sebab dua faktor, yaitu faktor internal berupa kesadaran masyarakat sendiri akan keadaan yang dialami dalam perantauan dan faktor eksternal berupa pendampingan yang dilakukan untuk mewujudkan perubahan seperti yang diimpikan oleh masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aminullah, Rizqi Iqbalrizqiqbal@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Komunitas Pinggiran Kota
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Aminullah Rizqi Iqbal
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:20
Last Modified: 14 Feb 2018 04:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23094

Actions (login required)

View Item View Item