Peningkatan pemahaman materi kerja sama mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif team games tournament pada siswa kelas III MI Al-Azhar Surabaya

Azis, Waahidun Putri (2018) Peningkatan pemahaman materi kerja sama mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif team games tournament pada siswa kelas III MI Al-Azhar Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Waahidun Putri Azis_D77214077.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPS kelas III MI Al-Azhar Surabaya menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap materi Kerja Sama termasuk dalam kategori rendah hal ini diketahui dari dilaksanakannya pre-test pada pra siklus dari 24 siswa hanya 6 siswa yang masuk kategori tuntas atau mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran IPS, bahwa rendahnya tingkat pemahaman materi disebabkan karena metode penyampaian materi yang digunakan adalah ceramah. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif team games tournament (TGT). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif “Teams Games Tournaments” dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran IPS materi kerja sama pada Siswa-Siswi kelas 3 MI Al- Azhar Surabaya? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman mata pelajaran IPS materi Kerja Sama setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif “Teams Games Tournaments” pada siswa kelas 3 MI Al-Azhar Surabaya? Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model Kurt Lewin. Tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Pengambilan data yang dilakukan adalah 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi dan 4) Tes. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1)Penerapan Model Pembelajaran kooperatif team games tournament (TGT) untuk meningkatkan pemahaman IPS materi Kerja Sama bagi siswa kelas III MI Al-Azhar Surabaya dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari aktitas guru pada siklus I adalah 64,7 meningkat menjadi 89,7 pada siklus II. Sedangkan untuk aktitas siswa pada siklus I adalah 63,3 meningkat menjadi 88,2 pada siklus II. (2) Tingkat pemahaman IPS materi Kerja Sama siswa kelas III MI Al-Azhar Surabaya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus diperoleh hasil 25% dan rata-rata nilai sebesar 53,75 Pada siklus I diperoleh hasil 45,83% dan rata-rata nilai sebesar 73,125. Dan pada siklus II diperoleh hasil 83,3% dan rata-rata nilai sebesar 82,03.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Tamwifi, Irfan
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Model Pembelajaran kooperatif TGT; Materi kerjasama
Subjects: Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Azis Waahidun Putri
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:02
Last Modified: 14 Feb 2018 04:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23091

Actions (login required)

View Item View Item