Kerukunan antarumat beragama: studi interaksi umat Islam dan Kristen di Donokerto Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masula, Masula (2018) Kerukunan antarumat beragama: studi interaksi umat Islam dan Kristen di Donokerto Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mas Ula_E02213020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas tentang kerukunan antarumat beragama Islam dan Kristen dalam paham pluralitas keagamaan di Donokerto Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan umat Islam dan Kristen mengenai interaksi sosial antarumat beragama, apa saja bentuk-bentuk interaksi sosial masyarakat antar muslim dan umat Kristen dalam hal keberagamaan dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kerukunan antarumat beragama di Donokerto Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian lapangan dilakukan di tempat sebenarnya, yaitu pengumpulan data dilakukan dengan penelitian ditempat terjadinya gejala yang diteliti. Penulisan ini pada hakekatnya merupakan metode untuk menemukan secara khusus realitas yang tengah terjadi di masyarakat. Fokus kajian pada pelaksanaan dari interaksi sosial keagamaan antara umat Islam dan umat Kristen sehingga bisa mengungkapkan relasi yang ada diantara perbedaan paham dalam kehidupan yang kontemporter saat ini.Dari penelitian yang diperoleh penulis, bahwa menurut masyarakat Dookerto mengenai interaksi sosial antarumat beragama merupaan salah satu cara yang produktif dalam menjaga suatu hubungan. Begitu pula kerukunan yang tercipta dalam masyaralat Donokerto ini terlihat dari sikap mereka yang saling menghargai, menghormati dan gotong royong yang hidup dalam perbedaan. Perbedaan tersebut tidak menjadikan mereka saling bergesekan. Namun justru menjadikan daerah ini menjadi sangat harmonis dan guyub. Hal ini juga sangat berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kerukunan antarumat beragama, yaitu perbedaan etnis namun kesamaan norma dan budaya yang terlihat dari bebrapa prinsip dasar yang bisa diidentifikasi dalam pembentukan masyarakat madani Donokerto yakni ikatan cinta, toleransi antarumat beragama kemudian Bhinneka Tunggal Ika yang mereka pegang sebagai pedoman dalam bermasyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masula, Masulamasulamala@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Indonesia
Islam > Peradaban
Keluarga
Kerukunan Beragama
Kristen
Nabi Muhammad > Nabi Muhammad Kepemimpinan
Pluralisme
Sosiologi > Sosiologi Agama
Toleransi
Demokrasi
Kitab Suci > Injil
Uncontrolled Keywords: Kerukunan; Interaksi Sosial; Kristen; Islam.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Ula Mas
Date Deposited: 14 Feb 2018 05:01
Last Modified: 14 Feb 2018 05:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23080

Actions (login required)

View Item View Item