Pesan dakwah melalui media online: analisis wacana Teun A. Van Dijk dalam rubrik Bahtsul Masail Situs www.nu.or.id

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktaviani, Selly (2018) Pesan dakwah melalui media online: analisis wacana Teun A. Van Dijk dalam rubrik Bahtsul Masail Situs www.nu.or.id. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Selly Oktaviani_B71214058.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini berkembang dengan pesat. Saat ini penyampaian informasi dan komunikasi bisa dilakukan melalui media online. Begitu pula dakwah yang saat ini mudah untuk disampaikan banyak orang. Akan tetapi, adanya kemudahan tersebut juga memiliki kelemahan, yaitu informasi yang banyak dibagikan orang tidak jelas sumbernya. Akibatnya banyak terjadi kesalahpahaman hingga menimbulkan pertikaian antar umat beragama. Hadirnya situs NU online sangat membantu menengahi dan menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat tersebut. NU Online www.nu.or.id kaya akan informasi, kajian, serta dakwah Islam Nusantara. Terdapat satu rubrik yang berbeda dan tidak dimiliki oleh situs dakwah online lainnya, yaitu rubrik bahtsul masail menggunakan bentuk tanya jawab dalam penulisannya. Bahtsul masail sebenarnya suatu kegiatan diskusi para ulama NU tentang permasalahan kehidupan yang sulit untuk ditemukan sendiri dalam Al-Qur’an. Kegiatan yang hanya dilakukan oleh NU dan sudah ada sejak awal NU didirikan. Menarik untuk mengkaji bagaimana pesan dakwah yang terdapat pada rubrik bahtsul masail situs www.nu.or.id. Penelitian teks media ini dikaji menggunakan analisis wacana Teun A. Van Dijk yang memiliki struktur tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris dalam menganalisis sebuah teks. Hasil yang didapat dari analisis wacana ini kemudian dideskripsikan dengan interpretasi penulis. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pesan dakwah Aqidah pada rubrik bahtsul masail situs www.nu.or.id. Pesan yang terkandung adalah Iman kepada Allah: Pertama, bahwa manusia diciptakan Allah untuk beribadah dengan berserah diri dan merendahkan hati kita kepada-Nya. Kedua, berhati-hati dalam bersikap dan menghormati para wali dan sufi yang senantiasa bertakwa kepada Allah menjadikan pribadi kita lebih dekat dengan Allah pula. Ketiga, Allah selalu memberikan hamba-Nya kemudahan dalam setiap kesulitan yang dihadapi Keempat, kitab Suci Alqur’an merupakan petunjuk yang membantu kehidupan sosial umat muslim, dalam hal ini diutamakan bagi kehidupan penyandang disabilitas. Kelima, melakukan Sunnah merupakan cara seorang hamba untuk memuliakan Allah sang Pencipta. Namun kita juga harus bijaksana dalam melakukannya disaat dan di waktu yang tepat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktaviani, Sellyoct.shelly@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; media onlineTeun A. Van Dijk; rubrik Bahtsul Masail
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Oktaviani Selly
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:51
Last Modified: 14 Feb 2018 03:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23072

Actions (login required)

View Item View Item